7 Hal Yang Bisa Buat Kita Gagal Saat Kuliah.

7 Hal Yang Bisa Buat Kita Gagal Saat Kuliah

INIKECE - Di masa kuliah, adalah masa yang paling krusial dalam hidup. Saat kita menjalani masa perkuliahan, tentu sebagai seorang mahasiswa kita disodori banyak pilihan dan banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi diri kita.

Mulai dari ingin mendapat beasiswa di perkuliahan yang besar, mengikuti oranganisasi, ingin menjadi mahasiswa yang aktivis, dan banyak lagi yang ingin di capai pada saat kuliah.

Meski sebagai mahasiswa, kita banyak mendapat pilihan dan kesempatan untuk menggali pontensi diri kita sendiri.
Pada faktanya mahasiswa yang gagal dalam pengembangan potensi dirinya. Akibatnya, mahasiswa tersebut tidak bisa menjalani masa perkuliahannya dengan baik hingga ada yang terjerumus ke dalam pergaulan yang buruk.

Ada beberapa hal yang membuat kita gagal pada saat kuliah !

1. Menumbuhan Kebiasaan Malas Pada Saat Kuliah.


Setelah menyandang status sebagai seorang mahasiswa, pasti kita sudah dianggap sebagai seorang pelajar yang mandiri dan lebih bersikap dewasa. Namun, jika kebiasaan malas pada masa-masa 
sekolah masih ada pada dirimu, sadarilah itu bukanlah hal yang tepat untuk di kuliah.

Malas saat sudah kuliah justru hanya akan menghambatmu mengembangkan diri. Selain itu, malas akan membuang waktumu pada saat pelajaran berlangsung di kuliah.

2. Memilih Pertemanan Yang Salah.


Tentu dalam kehidupan kita, pasti memerlukan seseorang untuk menemanin hidup kita, baik teman maupun sahabat dan mencari sebanyak-banyak teman untuk bisa menemanin hidup kita agar tidak bosan atau pun menyendiri.

Akan tetapi, bila kita tidak selektif dalam memilih bertemanan. Kamu harus tau dan sadar, bahwa teman tidak selamanya menemanin dirimu dan tidak selamanya menuntunmu ke hal-hal yang baik.

Ada sebaiknya kamu mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih teman. Mulai dari sifatnya, kebiasaannya, minatnya, termasuk juga lingkungan pergaulannya.

Dalam perkuliahan kamu bisa saja dapat teman baru, akan tetapi kamu juga harus melihat, apakah seseorang tersebut dapat membawamu menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi atau tidak.

BACA JUGA : Demi Pengobatan Ayahnya Yang Sakit Pria Venezuela Menempuh 600 km Dengan Jalan Kaki



3. Malas Dalam Belajar Pada Saat Kuliah.


Menjadi seorang mahasiswa tidak sama lagi menjadi siswa sekolahan pada masa-masa SMA dulu. 
Ketika masa SMA, guru kita pasti akan menyuruhmu untuk belajar dan membuat PR serta orang tua juga akan menyuruhmu untuk belajar lagi.

Namun tuntutan belajar yang diterima di masa SMA tidak akan diterima lagi pada saat kamu telah menjadi seorang mahasiswa. 

Sebagai seorang mahasiswa kamu harus bijak mengatur waktu dalam belajar. Serta kamu harus menumbuhkan rasa keingintahuanmu terhadap ilmu pengetahuan. Dengan begitu kamu dengan sendirinya akan lebih menerima wawasanmu yang semakin bertambah dalam perkuliahan.

4. Terlalu Banyak Membuang Waktu.


Bila ingin menjadi seorang mahasiswa pastilah sudah memikirkan itu dengan matang-matang untuk menjadi seorang mahasiswa. 

Dalam perkuliahan kamu akan di focuskan pada mata pelajaran yang kamu pilih tersebut. Apabila kita datang kuliah hanya untuk bermain-main, itu sangatlah membuang waktumu. Lebih sering membuang waktumu dengan hangout bareng teman-teman, dan terlalu sibuk untuk berpacaran. Itu akan mengagalkan mu dalam me-manage waktu mu dengan bijak.

5. Gagal Dalam Membangun Jaringan.


Selain untuk dituntut belajar sebagai seorang mahasiswa, kamu juga harus dituntut untuk bisa membangun jaringan seluas-luasnya. 

Membangun jaringan seluas-luasnya adalah kamu harus bisa mengenal orang-orang lain di sekitarmu dan tidak selalu kamu jadikan teman. Kamu mengenal mereka dan mereka mengenal dirimu. 
Kamu mengenal mereka karena sebuah kepetingan ataupun bisnis dan sebaliknya bagi mereka juga.

Jika kamu gagal dalam memperluas jaringanmu maka itu akan percuma selama kamu belajar menjadi seorang mahasiswa. Kamu bisa memperluas jaringanmu dengan cara mengikuti seminar, menjadi aktivis, ikut berorganisasi, hingga melalui media sosial. Dengan begitu kamu juga akan membangun jaringan seluas-luasnya dalam dirimu. 

6. Kebanyakan Imajinasi Tapi Sedikit Aksi.


Hanya bermain dengan Imajinasi adalah hal yang menyenangkan dan paling mudah. Namun, sadarkah mahasiswa bukanlah boneka dari imajinasi?.

Mahasiswa adalah seorang akademisi yang hidup dari belajar dan aksi bukan imajinasi. Bila kamu ingin menjadi orang yang sukses sebagai mahasiswa, banyaklah "beraksi" seperti mengikuti lomba dan organisasi dalam kuliah kamu.

7. Mengatur Keuangan Yang Gagal


Bicara soal uang, ya pastinya kita akan dibuat pusing olehnya. Biasanya, sedikit dari mahasiswa menyepelekan hal tersebut. Akibatnya mereka cepat kehabisan uang, dan mereka akan terlalu focus kembali untuk bekerja dan mendapatkan uang dan mengakibatkan tidak adanya focus kembali pada kuliahnya.

Jangan terlalu banyak berfoya-foya yang akan menghabiskan uangmu. Tidak ada salahnya jika kamu mengeluarkan uang untuk hal yang lebih peting saja.

Buat mahasiswa yang merantau keluar kota ataupun pulau, ada baiknya bijaklah dalam mengatur keuanganmu.

Sumber : LINE TODAY
Reactions:

0 comments:

Post a Comment