WOW! 5 Stasion Kereta Bawah Tanah Dengan Desain Bagus

WOW! 5 Stasion Kereta Bawah Tanah Dengan Desain Bagus

INIKECE - Kereta bawah tanah adalah sebuah jalur rel penumpang listrik di wilayah dalam kota dengan kapasitas dan frekuensi yang tinggi dan pemisahan jalur dari sistem transportasi lainnya.

Sistem angkutan cepat umumnya ditempatkan di terowongan bawah tanah atau rel melayang yang berada di atas tanah. Di luar wilayah perkotaan, jalur angkutan cepat mungkin dibuka di permukaan tanah dengan jalur terpisah.

Tapi ada juga stasion kereta yang membuat desain stasiun menjadi sangat bagus yang terdapat di beberapa negara dengan desain yang dibuat begitu elegan. Simak beberapa desain stasiun,

1. Burjuman Station "Dubai"


Tak ada yang tak mungkin bagi Dubai. Bahkan inilah salah satu negara yang memiliki vending machine untuk mengambil emas bantangan.
Ada banyak tempat siwata menakjubkan tingkat dunia di Dubai.

Sebagai negara yang kaya raya karena minyak bumi, bukan mustahil jika Dubai mampu membangun sebuah stasiun kereta bawah tanah yang sangat mewah seperti berada di sebuah hotel bintang lima.

2. Zoloti Vorota Station "Ukraina"


Bangunan stasiun bawah tanah di Kiev, Ukraina ini bahkan tak ada yang menyangka jika ini adalah sebuah stasiun kereta.

Gaya bangunan stasiun ini seperti bangunan istana mewah dan megah pada masa Romawi kuno atau Kekaisaran sebelumnya.

Bangunan stasiun kereta api bawah tanah ini yang membuat betah berlama-lama untuk mengoleksi beberapa foto dengan berbagai angle yang berbeda.

3. Museum Station "Kanada"


Meskipun dinamakn museum, kereta bawah tanah ini masih berfungsi sebagai tempat transit para penumpang kereta bawah tanah di kota Toronto, Kanada.

Beberapa aksesoris bergaya Mesir kuno memang sangat kental di stasiun yang satu ini. Misalnya patung-patung Firaun berdiri tegak bersama dengan pilar-pilar yang menyangga atap stasiun.

Stasiun ini direnovasi pada tahun 2008 oleh salah satu perusahaan yang amat terobsesi membangun sebuah lingkunagn bergaya Mesir kuno yang di kelilingi oleh patung-patung Pharao atau Firaun demi mengenalkan pengguna kereta bahwa ada sebuah Royal Ontario Museum yang berdekatan dengan stasiun kereta ini.

4. Universita Station "Italia"


Stasiun kereta bawah tanah di Naples, Italia ini memang memiliki tema yang amat kekinian bergaya seni modern, pop culture yang diusung seniman muda masa kini.

Stasiun dengan gaya kekinian ini diresmikan pada tahun 2011 yang dirancang oleh arsitek Karim Rasid dengan permainan warna pastel yang memukau, mulai dari dinding hingga pantulan cahaya dari lantinya yang melengkapi keindahan stasiun paling hype ini.

Beberapa benda seni diletakan di beberapa sudut stasiun kereta bawah tanah demi menghiasi stasiun yang selama ini terkesan kaku dan kurang fleksibel.
Kesan kaku akan langsung hilang begitu dengan melihat beberapa permainan warna yang berani di dinding stasiun sehingga membuat suasana lebih ceria.

5. Central Park Station "Taiwan"


Taiwan memang menjadi salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. 
Stasiun di Taiwan juga begitu indah karena begitu menyatu dengan alam. Semua serbah hijau sehingga membuat mood mejadi lebih bersemangat untuk menjalani aktifitas pada pagi hari.

Central Park Station di kota Kaohsiung ini memiliki desain interior perkebunan yang sangat apik menenpatkan beberapa tumbuhan di sisi kakan dan kiri tangga.

Sayangnya tumbuhan tersebut hanya buatan dengan warna warni alami layaknya sebuah tumbuhan asli.
Meskipun demikian tetap saja indoor garden ini menjadi salah satu karya arsitek Inggir Richard Rogers yang patut diapresiasi.

Sumber : VIVA
Reactions:

0 comments:

Post a Comment