3 Tradisi Unik Di Dunia Yang Ada juga Di Indonesia

3 Tradisi Unik Di Dunia Yang Ada juga Di Indonesia 

INIKECE - Di dunia terdapat beberapa ragaman tradisi. Beberapa ritual di antaranya hampir mirip dengan tradisi di Indonesia. Mulai dari ritual yang unik hingga ritual yang paling sadis.
Biasanya ritual ini dilakukan dalam bentuk persembahan atau hanya untuk mengusir sial.

Berikut beberapa tradisi di dunia yang mirip di Indonesia. Mungkin kamu mengenal atau bahkan pernah melakukan ritual seperti ini :

* Remaja Potong Rambut Untuk Buang Sial 


Setelah bebas dari Gua Tham Luang, 11 remaja ini menjalani ritual "buang sial" dengan mencukur habis rambutnya.

Ritual itu dilakukan saat upacara pentahbisan (penyucian) ala umat Buddha. Mereka dicukur habis rambutnya oleh para biksu. Sedangkan, satu anak lainnya tidak diikutsertakan karena ia adalah seorang kristiani.

Mereka mengenakan baju putih dan berkumpul di Kuil Wat Pha That Doi Wao di Distrik Mae Sai, Thailand Utara, sambil menyalakan lilin kuning. Sembari duduk, para biksu mulai menggunduli kepala mereka di Kuil tersebut.

* Ritual Pindah Dosa


Ritual ini mirip dengan di Indonesia. Tapi bukan ritual pindah dosa, melainkan memindahkan penyakit seseorang ke benda tertentu, seperti telur. Jadi, saat seseorang sakit, orang "pintar" akan menempelkan telur itu di atas perut pasien. Jika, telur itu panas, maka orang tersebut mengalami "sakit yang tidak biasa". Namun juka suhu telur normal, pasien dalam keadaan "sakit yang wajar".

BACA JUGA :

 > Tidak Masuk Akal, 6 Ritual Mistis Menyeramkan Di Indonesia


Sedangkan ritual pindah dosa ini dilakukan oleh bangsa Yahudo Ortodoks. Seorang pria akan mengayunkan ayam di atas kepala kerabatnya. Ritual ini dinamakan ritual Kaporot. Sebagaian umat Yahudi percaya, ritual Kaparot ini bisa membebaskan mereka dari dosa-dosanya yang dipindahkan ke ayam.

* Ritual Mudik


Di China, saat Imlek. warga akan melakukan mudik ke kampung halaman. Sama seperti di Indonesia, mereka mudik dengan menggunakan kereta api dan pesawat. Bahkan, kondisinya juga sama persis saat musim mudik lebaran di Indonesia, sangat padat

SUMBER : MERDEKA 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment