Buah Dan Sayur Berwarna Merah Memiliki Kandungan Gizi Yang Super

Buah Dan Sayur Berwarna Merah Memiliki Kandungan Gizi Yang Super

INIKECE - Buah dan sayuran yang dengan warna menyala, seperti kuning, hijau, merah. Sebagai bahan makanan dengan kandungan gizi terbaik. Khususnya pada buah dan sayuran yang berwarna merah diyakini sebagai tanda atas vitamin yang berlimpah.

Kenyataannya, sayuran dan buah-buahan berwarna merah memang sarat dengan antioksidan kuat seperti Antosianin, Likopen, Flavonoid, dan Resveratrol.
Antioksidan ini memiliki kemampuan ampuh untuk melawan penyakit jantung, kanker prostant, serta menurunkan risiko stroke dan degenerasi makula.

1. Tomat Merah 


Tomat dianggap sebagai buah oleh beberapa orang dan sayur bagi sisanya. 
Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan Likopen yang tinggi. Likopen dapat membantu melawan kanker prostat, kanker kerongkongan, dan kanker usu besar.

Perlu diketahui, Likopen akan aktif dan berlipat ganda khasiatnya jika tomat sudah diolah dengan proses pemanasan terlebih dahulu. Karena itulah kandungan Likopen di dalam sup tomat atau puree tomat lebih tinggi dari pada buah tomat yang masih segar.

2. Stroberi


Buah Stroberi merupakan sumber folat, potasium, dan vitamin C.

Vitamin C adalah pembangkit antioksidan yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.
Sekitar 1 porsi Stroberi (70 gram) mengandung lebih banyak Vitamin C daripada jeruk. Selain Stroberi, buah-buahan beri yang lain seperti Blueberry, Raspberry, dan Blackberry juga kaya akan Vitamin C.

3. Cranberry


Cranberry diyakini dapat membantu mencegah ISK (Infeksi Saluran Kemih) dengan menghentikan bakteri menempel ke dinding saluran kemih.

Nutrisi di dalam buah beri berukuran mungul ini juga dapat memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap H Pylori, bakteri yang kerap menempel ke dinding lambung dan menyebab sakit maag.
Ini karena adanya antioksidan kuat yang disebut proanthocyanidin di dalam cranberry.

4. Ceri


Warna merah tua dari Ceri menandakan kandungan nutrisinya yang begitu tinggi. Antosianin di dalam ceri memberi warna merah gelap buah ini.

Antosianin bertugas melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan polutan di sekitar kita, Kedua faktor ini dapat mempercepat proses penuaan, sebab merekalah penyebab kematian dan kerusakan sel di dalam tubuh.

5. Raspberry


Raspberry kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Bukan sembarang serat, karena yang satu ini dapat membantu menurunkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Buah dari keluarga beri ini juga memiliki kandungan seng, niasin, kalium, dan berbagai fitokimia polifenol seperti lignan, tanin, asam fenolik, dan flavonoid.

6. Paprika Merah


Paprika merah adalah pilihan yang sangat baik untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Cabai dengan rasa cenderung manis ini mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin E, folat.

Capsaicin yang terdapat dalam Paprika memiliki berbagai khasiat kesehatan. Misalnya menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, meredakan nyeri dan inflamasi. Selain itu, Paprika merah hanya mengandung 30 kalori.

7. Kacang Merah


Kacang Merah mengandung banyak zat serat yang sehat bagi jantung, yang mendukung kesehatan reproduksi dan menyembuhkan luka serta Vitamin B yang bisa membantu meningkatkan fungsi neurologis. Kacang polong ini mengandung kalium dan folat.

Makanan ini mengandung banyak Vitamin K yang meyediakan nutrisi penting untuk otak dan sistem saraf. Serat di dalam kacan merah dapat membantu mempertahakan gerakan usus yang sehat. Jika dimakan dalam jumlah yang tepat, kacang merah membantu membersihkan saluran pencernaa.

8. Bit


Bit adalah salah satu sayutan dengan antioksidan terbaik menurut USDA. Sayuran ini merupakan sumber serat, kalium, vitamin C, nitrat dan folat yang sangat baik. 
Nutrisi ini memainkan peran utama dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan atletik dan meningkatkan aliran darah.

9. Lobak Merah


Lobak merah mengandung Sumber Kalium, folat, Vitamin C, Likopen, Antosianin, seng, fosfor, kalium, magnesium, tembaha, besi, kalsium, mangan, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin E, Vitamin K, dan serat makanan. 

Semua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga tubuh anda dalam kondisi kerja yang baik.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar