Cari Tau Yuk!!! Kenapa Ada Orang, Fobia Dengan Badut?

Cari Tau Yuk!!! Kenapa Ada Orang, Fobia Dengan Badut?

INIKECE - Bandut di kenal dengan kelucuannya dalam menghibur orang, terutama pada anak kecil.
Biasanya pada acara ulang tahun anak, orang tua akan menyewa seorang badut agar memeriahkan acara ulang tahun anaknya.

Tapi pernahkah anda, melihat seseorang yang melihat badut, ia langsung menjerit ketakutan? Bahkan, mungkin dia bisa ketakutan hebat saat bertemu badut dalam jarak dekat.

Kondisi ini banyak dikenal orang sebagai Fobia Badut atau Coulrophobia. Apa penyebab Fobia Badut dan bisakah disembukan?

Bagi orang yang memiliki Fobia Badut, ia akan menganggap badut sebagai sosok yang menyeramkan. Tak peduli bagaimana menariknya dan lucunya badut tersebut.
Mereka bisa merasa ketakutan setengah mati saat berhadapan langsung dekat badut maupun sekadar melihat benda apa pun yang berkaitan dengan badut.

Menurut, Melanie Phelps, Ph.D. selaku seorang psikolog ternama di Inggris, menjelaskan bahwa ada penyebab lain seseorang bisa mengalami ketakutan berlebih pada sosok bandut. Menurutnya, orang dengan Coulrophia umumnya telah terbiasa melihat keluarga, pengasuh, dan orang terdekatnya sebagai wajah manusia yang ramah dan tenang. 
Jadi ketika mereka kemudian bertemu dengan sosok badut yang malah sebaliknya, yakni berperawakan besar, memiliki riasan wajah yang tidak biasa, dan bersikap heboh, mereka pun menjadi ketakutan.

BACA JUGA :


Berbagai gejala fisik, mental, dan emosional yang dimiliki oleh orang dengan Fobia Bandut seperti,

1. Perasaan takut, cemas, serta panik saat membayangkan badut

2. Detak jantung dan napas tidak teratur ketika melihat badut

3. Rasa takut berlebihan hingga berkeringat deras

4. Mendadak mual

5. Merasa marah saat di tempat atau situasi dimana ada badut

6. Sangat menghindari segala hal yang berhubungan dengan badut lebih dari itu, orang yang ada di posisi ini bisa mendadak lemas hingga pingsan saat ketekutan yang ia rasakan telah mencapai puncaknya.

Mungkinkah orang dengan Coulrophobia dapat sembut total?

Jika ketakutan yang anda rasakan masih bisa dikendalikan, maka tidak ada pengobatan yang perlu dilakukan. Namun, bila ketakutan tersebut sudah masuk ke dalam kategori fobia yang cukup traumatis. Anda mungkin perlu pengobatan khusus guna memperbaiki kondisi mental dan emosional. Anda bisa melakukan meditasi, latihan yoga dsb, yang dapat menenangkan pikiran anda.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar