Kok Bisa? Di Tahun 2020 Nanti China Bakal Luncurkan Bulan KW ?

Kok Bisa? Di Tahun 2020 Nanti China Bakal Luncurkan Bulan KW ?

INIKECE - Wow!!! Bukan China namanya kalau tidak bikin hebih dengan barang-barang tiruannya. Jika kamu amati, banyak sekali produk asal China yang sukses dipasaran dengan menjiplak model-model populer, misalnya mobil land wind yang mencaplok model mobil mewah asal Ingrris, Land Rovers.

China juga dikenal cukup kreatif dalam menghadirkan produk. Contohnya saja didunia ponsel. Coba ingat-ingat, ponsel dengan Dual Sim-Card siapa yang mulai? 
Produk China kan? Dulu dicaci, kini produk ponsel Dua Sim-Card justru banyak yang nyari.

Selain invoasi luar biasa di bidang otomotif dan dunia smartphone, baru-baru ini China berhasil membuar takjub dunia dengan terobosan Anti-Mainstrem. Mereka berani meluncukan satelit iluminasi yang dikneal sebagai artificial moon alias bulan buatan. Wow!!

Ia adalah Chengdu Aerospace Science adn Technology Microelectronics System Research Institute, perusahaan yang mengembang bulan palsu untuk dijadikan sebagai alat penerangan kota.


Mereka sendiri menjelaskan, jika bulan palsu ini nantinya diproyeksikan untuk menggantikan penerangan konvensional yang masih menggunakan lampu jalanan. Rencananya, bulan palsu ini akan diluncurkan tahun 2020 mendatang.

Hingga saat ini, pengujian satelit penerangan China berupa bulan palsu ini sudah memasuki tahap akhir, dan sudah dikembangkan sejak bertahun-tahun silam.

Dalam keterangannya, Wu Chunfeng, Kepala Lembaga Penelitian Sains Chengdu Aerospace, mengklaim jika bulan buatan mereka akan mampu memberikan cahaya delapan kali lebih terang dari bulan asli, dan mampu menerangi area seluas 10-80 kilometer.

Menariknya, meskipun hanya akan bersinar di wilayah Chengdu saja, tapi nantinya cahaya bulan buatan tersebut akan terlihat di seluruh wilayah China, Sayang. tidak dijelaskan berapa ukuran, tinggi dan tingkat kecerahan yang dimiliki bulan palsu tersebut.


Meskipun termasuk inovasi Anti-Mainstream yang patut diacungi jempol, faktanya banyak ilmuan yang merasa prihatin dengan keputusan ini. 

Mereka beranggapan jika lampu yang dipantulkan dari angkasa bisa memberi dampak buruk bagi aktivitas hewan tertentu.

Selain itu, bulan palsu ini diprediksi bisa mengganggu pengamatan astronomi, dan berbagai gangguan lainnya terkait lalu-lintas udara.

BACA JUGA :

 > Buah Dan Sayur Berwarna Merah Memiliki Kandungan Gizi Yang Super

Tapi, Kang Weimin, Direktur Institut Optik Sekolah Luar Angkasa, Institut Teknologi Harbin, langsung membantahnya. 
Dia memastikan jika cahaya satelit yang dihasilkan oleh bulan palsu ini mirip dengan cahaya saat senja dan tidak akan berpengaruh pada aktivitas hewan.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment