Manfaat & Khasiat Lidah Buaya Yang Wajib Anda Ketahui

INIKECE - Tentu anda sudah tidak asing dengan jenis tumbuhan yang satu ini. Ya, lidah buaya atau biasa di sebut aole vera ini juga biasa di manfaatkan untuk kesehatan rambut yang dapat di gunakan langsung. Namun kini aloe vera telah di olah menjadi berbagai produk olahan makanan maupun non makanan. Banyak sekali manfaat dari lidah buaya yang harus anda ketahui. Bila perlu, dapat anda budi dayakan di rumah anda karena perawatan tanaman ini yang tergolong mudah. Berikut adalah manfaat lidah buaya yang mesti anda ketahui.

1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit
Ada banyak laporan yang telah mengeksplorasi peran pemberian lidah buaya topikal dalam kondisi kulit dan manajemen penyembuhan luka. Antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar. Ekstrak lidah buaya dilaporkan mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit. 

2. Mengobati luka bakar
Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit. Pada 1959, Administrasi Makanan dan Obat AS menyetujui penggunaan salep lidah buaya sebagai obat yang dijual bebas untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, materialnya mampu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat. 

3. Menyembuhkan luka
Aloe vera memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah -atau luka di mulut. Asam amino dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C juga sangat membantu. Salah satu manfaat vitamin B6, misalnya, adalah bertindak sebagai pengobatan rasa sakit alami dan menciptakan antibodi yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. 

4. Melembapkan rambut dan kulit kepala
Aloe vera adalah perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe. Sementara, enzim gel dapat membersihkan kulit kepala sel mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Aloe gel juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering. 

5. Mengobati sembelit
Penggunaan aloe lateks sebagai laksatif sudah diteliti dengan baik. Antrakuquinon yang ada di lateks menciptakan pencahar ampuh yang meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir. Kandungan ini juga meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme. Setelah bercampur dengan zat asam dan enzim, makanan berubah menjadi cairan kental yang dinamai chyme. Chyme akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus. 

6. Membantu sistem pencernaan
Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam/basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus. 

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Enzim yang ada di dalam lidah buaya memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Yang lalu mengubah enzim menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel berfungsi dengan baik. Kandungandi dalam lidah buaya merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh infeksi. 

8. Antioksidan dan mengurangi peradangan 
Aloe vera memberikan jumlah vitamin dan mineral yang luar biasa yang membantu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. Vitamin A, misalnya, memainkan peran penting dalam menjaga visi yang sehat, fungsi neurologis dan kulit yang sehat. Sebab vitamin A adalah antioksidan yang mengurangi peradangan. Vitamin C juga merupakan komponen penting yang ditemukan dalam lidah buaya; melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan pralahir, penyakit mata, dan bahkan kerutan kulit.

9. Menurunkan gula darah
Beberapa bukti yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan, lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes, dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular. 


Refensi : Kompas
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar