Mesti Di Coba! 10 Kuliner Khas Thailand

Mesti Di Coba! 10 Kuliner Khas Thailand

INIKECE - Tidak hanya menunjukkan keindahan alamnya. Thailand juga memiliki begitu banyak kuliner yang khas dan mesti harus di coba.

Saat berkunjung ke sana, kamu wajib sekali mencoba kuliner khas Thailand ini :

1. Kalamae


Kuliner ini, seperti sejenis kudapan dengan rasa yang manis dan tekstur yang lengket. Makanan ini terbuat dari ketan yang dihaluskan atau tepung ketan, gula palem atau gula pasir, dan santan. 
Ketiga bahan tersebut dimasak sambil diaduk-aduk hingga diperoleh tekstur yang kenyal dan lengket.

Biasanya ada dua varian Kalamae yakni Kalamae berwarna coklat yang menggunakan gula palem dan Kalame berwarna hijau yang menggunakan gula putih serta diberi perwarna hijau dari daun pandan. Makanan ini bisa didapatkan dengan mudah terutama di Samui, karena ada banyak pohon kelapa di daerah ini. 

2. Tom Yam


Makanan nih, Sup khas Thailnad yang begitu populer, dan bahkan telah mendunia.
Tom Yam memiliki rasa yang kuat karena dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk, dan juga cabai. 

Kuah yang kental dan berbumbu ini semakin lengkap dengan potongan cumi, udang dan jamur. Tom Yam asli Thailand, biasanya memiliki rasa yang pedas. Karena itu, jika kamu tidak suka pedas sebaiknya tanyakan tingkat kepedasannya sebelum memesan.

3. Phad Thai


Makanan ini pertama kali dikenal di Thailand pasa masa kerjaan Ayutthaya. Phad Thai diyakini berasal dari Cina tau dari Vietnam. Phad Thai terdiri dari mei yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam jawa, saus ikan, bawang putih, cabai, gula palem, dan kacang kedelai. Sebagai tambahan bisa juga dimasukkan potongan ayam, udang ataupun kepiting.
Di Thailand, makanan ini bisa ditemukan di restoran hingga warung kaki lima.

4. Khao Phad


Khao Phad adalah nama yang diberikan orang Thailand untuk nasi goreng.
Nasi goreng khas Thailand ini menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, kecap, garam, dan gula. Semua bahan ini dimasak dengan memakai wajan dan sajikan bersama potonan timun, selada, potongan jeruk nitip, dan tomat.

Nasi goreng Thailand biasanya tidak berasa pedas, sehingga disukai para wisatawan yang tidak terbiasa dengan menu-menu makanan Thailand yang pedas.

5. Som Tam


Makanan Som Tam adalah salad khas Thailand yang terbuat dati serutan pepaya muda yang diberi bumbu.
Bumbu untuk salad ini antara lain cabai, gula palem, saus ikan, dan perasan jeruk nipis. Selain serutan pepaya muda sebagai bahan utama, bahan pelengkap lainnya yang ditambahkan adalah udang kering, tomat, kacang panjang, terung bulat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar.

BACA JUGA :

 > Tidak Tahan Makan Pedas? Ternyata Ini Penyebabnya


6. Tom Kha Kai


Sup ayam laos ini memiliki rasa yang pedas dan asam. Sup ini terbuat dari santan kelapa, laos, jeruk purut, serai, ketumbar, jamur merang, perasan jeruk nipis, cabai dan potongan ayam.
Santan kelapa dengan kombinasi aneka bumbu tersebut menjadikan makanan ini salah satu menu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Thailand.

7. Mango Sticky Rice


Mango Sticky Rice tergolong sebagai kombinasi makanan yang unik bagi orang Indonesia yang belum pernah mersakannya.

Mango Sticky Rice terdiri dari ketan, santan dan potongan mangga kuning yang manis. Ketan direndam dalam air terlebih dahulu, baru kemudian dikukus sampai matang. Sedangkan santan kelapa dipanaskan tetapi tidak sampai mendidih dan ditambahkan dengan gula dan garam. 

8. Massaman Curry


Massaman Curry atau Kari Massaman sudah dikenal di Thailand sejak abad 17.  Makanan ini biasanya disajikan dengan potongan ayam atau daging sapi
Selain daging, makanan yang lezat ini terdiri dari potongan kentang, wortel, kapu laga, kayu manis, kembang lawang, atau pekak, jintak putih, daum salam, dan pala

9. Gaeng Daeng 


Gaeng Daeng atau Kari ayam merah, memiliki aroma wangi rempah yang menggugah selera. Makanan ini memadukan rasa gurih dari santan kelapa, manisnya gula palem dan rasa asin dari saus ikan. 

Kari merah ini tak hanya berisi potongan ayam saja, tetapi di dalamnya ada pula potonan nanas dan pontongan bambu muda. Menu yang satu ini biasanya disajikan hangat-hangat.

10. Kai Phad Med Ma Muang


Hidangan yang satu ini memang cukup sulit untuk disebut karena namanya yang terbilang cukup panjang.
Kai Phad Med Ma Muang di buat dengan bumbu cabai kering, paprika merah atau hijau, bawang putih, daun bawang dan beberapa rempah-rempah khas Thailand.
Bumbu ini dicampurkan dengan potongan ayam dan kacang mete. Hidangan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar