Tidak Masuk Akal, 6 Ritual Mistis Menyeramkan Di Indonesia

Tidak Masuk Akal, 6 Ritual Mistis Menyeramkan Di Indonesia

INIKECE - Di Indonesia sudah terkenal dengan budaya dan adat istiadatnya sekaligus berbagai macam ritualnya. Dari ujung Basang sampai Merauke ada saja ritual atau tradisi adat yang masih dipertahankan samapai sekarang.

Ritual-ritual ini memang berbau mistis dan supranatural yang kadang enggak masuk akal. Tapi kenyataannya sampai sekarang masih bertahan dan banyak juga ritual mistis yang bikin bergidik ngeri, 

Berikut 6 ritual mistis yang menyeramkan di Indonesia,

1. Ritual Debus (Banten)


Ritual yang satu ini mungkin sudah sering banget kita dengar, Debus yang mirip bela diri ini memang jadi salah satu ritual yang masih ada di Banten.

Kalau ritual ini memang enggal masuk akal karena masa ada orang yang kebal sama senjata tajam. Upacara ritual ini ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda kalau dulu Debus dilakukan untuk menjaga keberanian warga.

Debus ini memang pada intinya untuk memamerkan kekuatan mulai dari makan beling, berjalan di atas bara, sampai hal menyeramkan lainnya.

2. Ritual Ma'nene (Toraja)


Ritual mistis yang ini bikin bergidik ngeri, karena ritual ini di lihat memang menyeramkan dan enggak masuk akal.

Ma'nene adalah sebuah ritual yang dilakukan di Tanah Toraja saat seseorang meninggal. Pemakaman di Toraja ini memang gak biasa.
Mayat akan di semayamkan atau dikuburkan di tebing tinggi dan mayat yang sudah bertahun-tahun bisa tiba-tiba bangkit dan pulang ke rumahnya.

Setelah pulang ke rumah, mayat akan tidur lagi. Mayat berjalan ini sudah lama jadi cerita di Toraja tapi saat ritual Ma'nene ini sudah sangat jarang dilakukan.

3. Ritual Ikipalin (Papua)


Ritual Ikipalin juga dikenal cukup aneh dan masih biasa dilakukan di Papua. Suku Dani di Papua masih menjalankan ritual potong jari layaknya Yakuza di Jepang.

Bedanya potong jari atau Ikpalin di Papua ini dilakukan sebagai tanda berkabung ketidak ada sanak saudara yang meninggal.
Ritul ini dipercaya bisa menghapus segala kesialam setelah anggota keluarga meninggal.

4. Ritual Mas Kawin, Kepala Manusia (Maluku)


Ritual menyeramkan ini terjadi di Maluku tepatnya di Pulau Seram. Ritual ini menyeramkan dilakukan oleh suku Naulu yang hidup di Dusun Nauanea dan Dusun Sepa.

Mas Kawin kelapa manusia ini menjadi bukti kejantanan dan keberanian pria yang ingin menikah. Tapi mas kawin yang aneh ini hanya berlaku ketika seseorang mau menikah dengan anak raja saja kok.
Tradisi ini sudah ditinggalkan sejak tahun 1990 tapi pernah terjadi lagi di tahaun 2005.

5. Ritual Ngayau (Kalimantan)


Tradisi mistis yang juga sadis ada di Pulau Kalimantan. Tepatnya biasa dilakukan orang Dayak yang bersuku Ibah dan Kenyah.

Ngayau adalah sebuah ritual pemenggalan kepala pihak musuh yang dianggap juga sebagai upacara meningkatkan status seseorang. 

6. Ritual Pengleakan (Bali)


Pernah dengar soal leak di Bali? Kalau pernah dengar pasti kamu sudah tau semistis apa leak.
Leak ini dianggap sebagai ilmu hitam di Bali, sosok leak itu sendiri memang sangat menyeramkan. Konon dulu ilmu leak ini digunakan untuk menyebarkan wabah penyakit.


SUMBER : SMARTER WAY
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar