Ketika Cinta Beda Agama Telah Berakhir! Pelajaran Hidup Ini

Ketika Cinta Beda Agama Telah Berakhir! Pelajaran Hidup Ini

INIKECE - Beberapa orang pasti pernah menjalani hubungan asmara beda agama. Beberapa pasangan juga mungkin berakhir sampai ke jenjang pernikahan, namun tidak sedikit yang mengakhiri hubungan tersebut setelah memperjuangkannya cukup lama.

Akan tetapi, kamu harus tetap semangat untuk melanjutkan hidup karena ada, pelajaran hidup yang sebenarnya dapat dipetik ketika, kita menjalan cinta beda agama tersebut.

1. Perdalam Ilmu Agama 


Biasanya pasangan yang berbeda agama, akan membahas mengenai ajaran agama yang dianut oleh setiap pasangan.

Sering kali, diskusi mengenai ajaran agama tersebut berakhir dengan pertengkaran dahsyat yang dapat membuat kamu mendiamkan pasangan dan merenungkan kembali mengenai hubungan tersebut.

Akan tetapi, ada pelajaran yang dapat kalian ambil dari argumentasi mengenai ajaran agama tersebut, yakni kalian secara tidak sadar telah memperdalam ajaran agama kalian masing-masing. Di bawah alam sadar kalian, kalian sebenarnya memiliki keinginan agar pasangan kalian memiliki iman yang sama dengan kalian meskipun lisan kalian berkata sebaliknya.

Berakhirnya hubungan asmara tersebut seharusnya tidak membuat kalian berhenti untuk terus belajar dan meperdalam ajaran agama yang telah kalian yakini sejak kalian kecil.

2. Harus Semakin Dewasa


Semakin dewasa bukan hanya bermakna bahwa kamu sekamin tua dalam angka yang setiap tahun dirayakan. Dewasa juga bukan berarti kalian telah matang secara seksual.

Dewasa disini adalah mengenai bagimana kamu bersikap lebih bijaksana, bertangguang jawab dalam memaknai dan menghadapi hidup, mampu melihat big picture dari suatu masalah, serta lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Sikap dewasa sangat penting jika kamu bertemu dengan cinta baru di masa depan, khususnya jika cinta baru itu adalah dari seseorang yang memiliki keyakinan yang berbeda dengan kalian. Apakah kamu masih menginginkan hubungan seperti itu kembali?

3. Lebih Sabar


Pasangan yang memiliki latar belakang budaya dan sosial yang sama saja memiliki konflik yang dapat berujung pada putusnya hubungan asmara. Hal yang sama juga terjadi dengan pasangan beda agama namun konflik yang dihadapi lebih kompleks.

Kamu pasti telah berlatih untuk menjadi manusia yang lebih dapat menahan emosi dan mengendalikan diri dalam mejalani kehidupan. Kesabaran tersebut sangat dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan sekarang yang serba cepat dan tidak terprediksi akhirnya.

BACA JUGA :


4. Lebih Dapat Menerima Perbedaan


Pasangan yang pernah menjalani hubungan beda agama memiliki sikap toleransi yang lebih besar daripada orang lain.
Toleransi di sini bukan hanya berteloransi dengan perbedaan ajaran agama yang diyakini, namun lebih luas lagi seperti perbedaan karakter, kepribadian, sikap, budaya, pola didik, pola pikir, lingkungan sosial, dan lain sebagainya.

Selama kamu menjalin hubungan cinta dengan pasangan yang berbeda agama, kamu telah belajar untuk menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan yang ada serta tidak memaksakan kehendak kepada pasangan.

5. Pantang Menyerah Dan Penuh Kebahagiaan


Hubungan asmara beda agama pasti menghadapi banyak intrik dan pertentangan dari banyak pihak, misalnya dari keluarga inti dan para sahabat. Kamu juga pernah mengalami segala macam rayuan agar kamu mengakhiri hubungan tersebut, bahkan ancaman dan drama-drama lainnya.

Saat itu, kamu pasti berpegang teguh dengan prinsip dan komitmen yang telah disepakati oleh kamu dan pasangan kamu. 
Sikap pantang menyerah yang kamu miliki masih dapat kamu terapkan dalam menghadapi rintangan hidup yang semakin berat dimasa kini.

Waktu memang akan menyembuhkan rasa sedih dan kecewamu. Meskipun demikian, jangan terlalu lama larut dalam kesedihan. Segeralah bangkit karena kegagalan cinta bukan akhir dari segalanya, tetapi awal dari kisah yang baru saja kamu membuka hatimu untuk itu.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment