Makanan Khas Boyolali, Cukup Rp 10 Ribu (Perut Kenyang)!!

Makanan Khas Boyolali, Cukup Rp 10 Ribu (Perut Kenyang)!!

INIKECE - Bagi pencinta kuliner, harus coba ini makanan khas Boyolali yang enak-enak dengan harga yang murah. 

Hanya dengan Rp 10.000, kamu bisa kuliner makanan khas Boyolali yang bisa buat perut kenyang. Berikut beberapa makanan khas di Boyolali yang murah-meriah sekaligus mengenyangkan.

1. Makanan Sego Tumpang


Nasi Sego dengan sambal tumpang sebenarnya tidak hanya bisa ditemui di Boyolali, tapi di beberapa daerah lainnya seperti Salatiga, Solo, dan Kediri juga ada.

Namun sambal tumpang khas Boyolali, yang sering disebut juga sambal lethok memiliki ciri khas menggunakan tempe semangit alias tempe yang hampir busuk. Aroma dan rasa tempe semangit membuat sambal tumpang memiliki rasa yang khas.

Biasanya Sego Tumpang disajikan dengan gudangan atau urap sayur. Salah satu sego tumpang favorit di Boyolali adalah Sego Tumpang Mbah Japar Pasar Cepogo.

Sego Tumpang komplet yang dilengkapi telur, tahu, tempe, perkedel dan minum, harganya hanya Rp 10.000. Rasanya yang pedas dan gurih bisa bikin ketagihan.

2. Sate Kere


Sate Kere adalah salah satu makanan khas Boyolali dengan harga murah-meriah yang cukup mengenyangkan saat kamu berkunjung ke Boyolali.

Salah satu yang terkena adalah Sate Kere yang berada di Kompleks Perkantoran Kabupaten Boyolali.
Setusuk sate gembus harganya Rp 1.000. Tapi kamu juga bisa membeli sate daging dan usus yang harganya Rp 2.000 per tusuk dan satu porsi sate kere dibanderol Rp 10.000 .

3. Jenang Pecel


Jenang Pecel adalah makanan unik yang wajib kamu coba saat di Boyolali.

Jenang disini merupakan bubut sumsum. Jika biasanya bubur sumsum dipadukan dengan kuah gula merah, maka di Boyolali, Jenang dipadukan dengan pecel sayuran.

Rasanya yang lembut dan gurih, tapi juga pedas. Banyak orang yang kangen dengan makanan ini. Harga seporsi Jenang Pecel, rata-rata Rp 7.000 saja.

4. Soto Seger


Makanan yang berkuah segar khas Boyolali adalah Soto Seger Milik Mbok Giyem dan Soto Seger Hj Fatimah.

Soto Seger ini memiliki kuah yang bening dengan suwiran daging sapi atau daging ayam. Dilengkapi juga dengan kecambah, potongan seledri, serta bawang goreng. Makin nikmat dimakan dengan sate telur, sate paru, sate usus, maupun gorengan.

Seporsi soto biasanya dijual Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Sedangkan satenya rata-rata Rp 4.000 - 6.000 per tusuk.

5. Donat Warna-Warni


Donat warna-warni di Boyolali ini, adalah salah satu yang sedang ngehits di Kota Susu. Donat ini memiliki warna yang memang bermacam-macam, ada yang biru, pink, hijau, ungu, oranye, dan putih.
Satu boks ini 10 donat hargnya Rp 10.000

Jika kamu sedang berlibur di Boyolali, bisa mencoba makanan khas Boyolali yang terdaftar diatas. Rasa yang enak dan harga murah, pasti akan membuat kamu ketagihan~~ 

BACA JUGA :

Reactions:

0 comments:

Post a Comment