Penguin Dengan Seluruh Tubuhnya Yang Berwarna Hitam, Kok Bisa?

Penguin Dengan Seluruh Tubuhnya Yang Berwarna Hitam, Kok Bisa?

INIKECE - Kok bisa? Biasanya, penguin yang sering kita lihat punya bulu berwarna hitam dan putih. Dibagian kepala, sayap, punggung, dan kaki penguin biasanya berwarna hitam.

Kemudian, dibagian perut dan dadanya berwarna putih, dengan sedikit warna kuning di bagian leher. Penguin tampak seperti sedang mengenakan setelah tuksedo.

Meski ada banyak jenisnya, kebanyakan penguin punya warna yang mirip seperti ciri King penguin dan Emperor penguin ini.

Nah, tapi ada loh, penguin yang seluruh tubuhnya dipenuhi bulu berwarna hitam, dan ada sedikit warna kuning di lehernya. Penguin yang seluruh tubuhnya hitam ini bukan meruapakn penguin dari spesies berbeda.

Di tahun 2010, seorang Jurnalis National Geographic, Andrew Evans, menemukan penguin yang langka ini disebuah pulau sub-Antartika.

Sebenarnya penguin yang serba hitam ini adalah spesies King penguin atau Aptendoytes Patagonicus.

Fenomena perubahan warna pada penguin ini namanya mutasi. Sebenarnya, mutasi adalah hal yang biasa terjadi pada hewan seperti penguin. Namun penguin yang seluruh tubuhnya berwana hitam ini sangat jarang terjadi.

Menurut ahli Biologi Dr. Allan Bakar, mengatakan kalau beberapa hewan bisa kehilangan kendali pada pigmentasi di tubuhnya. Pigmen adalah zat yang memberi warna pada bagian tertentu di tubuh manusia dan hewan.

BACA JUGA :

Keren! Ngebahas Isu Sosial Dengan Iklan-Iklan Takjub

Kondisi yang terjadi pada penguin ini adalah melanisme.
Melanisme adalah keadaan di mana kulit, rambut atau bulu punya pigmentasi warna gelap, yang disebabkan oleh peningkatan melanin yang merupakan zat warna gelap.

Sebenarnya, untuk penguin, warna ini bisa membuatnya terlihat jelas oleh pemangsa, Tahun ini, tim dari BBC Earth berhasil melihat penguin seperti ini lagi, namun kali ini dari spesies Emperor penguin atau Aptenodyes Forsteri.

Hewan dengan kondisi melanisme ini juga disebut hewan melanisti. Melanisme lebih sering terjadi pada hewan lainnya. 

Apakah kamu pernah melihat hewan melanistik yang seluruh tubuhnya berwarna hitam?
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar