Tersukses Di Dunia! Game Hasil Crowdfunding

Tersukses Di Dunia! Game Hasil Crowdfunding

INIKECE - Crowdfunding memang merupakan salah satu alat untuk membuat proyek seperti contohnya video game dapat menjadi nyata.

Berbicara soal kedua hal tersebut, ada satu proyek yang cukup besar dan berlangsung cukup lama. Apalagi kalau bukan game Star Citizen yang kini telah memasuki tahun keenamnnya dalam memulai kampanye Crowdfunding.

Pencapaian Crowdfunding Star Citizen terbilang cukup fantastis. Berbicara soal waktu, jelas angka tahunan dan masih terus berjalan sampai sekarang merupakan prestasi tersendiri bagi sang penggagas awal.

Chris Roberts, Belum lagi ketika berbicara mengenai angka dana yang terkumpul.

Sejauh ini Star Citizen telah mengantongi pundi - pundi Dollar Amerika Serikat hingga 200 juta. Bahkan menurut Chris Roberts, pencapaian itu jauh melebihi ekspetasinya selama ini. Kalau melihat perbandingan finansialnya, mungkin Star Citizen merupakan proyek kampanye Crowdfunsing terbesar sepanjang sejarah.

Dari sekian banyak dana yang masuk, Chris Roberts sempat menceritakan dia dibantu dengan beberapa pendananya sendiri. Salah satunya adalah penduduk asal New South Wales, Australia yang telah mengucurkan dananya sejak tahun 2014.

Sejauh ini pendana Crowdfunding Star Citizen telah berasal dari 171 negara, termasuk San Marino, sebuah negara berpopulasi 33 ribu jiwa di Eropa.


Menurut Chris Roberts negara di dunia ada 193. Artinya boleh dikatakan masing - masing penduduk negara yang berpartisipasi hampir menymbang angka 1,2 juta Dollar AS lebih.

BACA JUGA :

Sekarang, ada lebih dari 500 orang yang berkerja untuk menggarap game Star Citizen. Khusus untuk Squadron 42 mode sudah ada lima studio berbeda yang berasal dari tiga negara.

Masih mengutip cerita Chris Roberts yang membagikan pengalamannya kepada Gamespot. Beliau mengaku salah satu alasan mengapa proyeknya bisa sampai se-masif ini adalah karena dia dan developer lainnya sangat memperhatikan keluhan serta saran para fans.

Roberts pun tidak ragu memberikan info perkembangan game tiap minggunya kepada mereka.

Jadi, apa yang dilakukan oleh Star Citizen ini mungkin bisa dijadikan contoh dan inspirasi yang baik bagi para developer video game lainnya yang ingin memulai kampanye Crowdfunding.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar