Apakah Benar? Suara Manusia Mampu Memecahkan Gelas?

Apakah Benar? Suara Manusia Mampu Memecahkan Gelas?

INIKECE - Bahwa katanya suara manusia mampu memecahkan gelas kaca hingga berkeping-keping? Percaya atau tidak memang hal tersebut konon katanya mampu dilakukan oleh seorang penyanyi Opera yang memiliki resonansi suara yang tinggi dan sangat keras.

Bagimanakah hal tersebut bisa terjadi? Kalaupun memang itu dapat dilakukan hanya dengan suara manusia, bagaimana dengan objek kaca yang lainnya? Berikut faktanya.

Memecahkan Gelas Kaca

Anda mungkin pernah melihat dalam berbagai media visual ataupun literatur fiksi mengenai suara seseorang yang sangat kencang, begitu kencangnya sehingga suara tersebut terlihat mampu memecahkan sebuah kaca menjadi berkeping-keping.

Terlepas dari benar atau tidaknya karya fiksi atau media film tersebut memang terdapat berbagai sumber yang mengatakan kalau penyanyi opera dapat melakukan hal tersebut dengan suara nyaring mereka.

Rupanya hal ini memang benar adanya atau dapat dikatakan secara rasional dapat dibuktikan sebagai fakta nyata. Kepercayaan mengenai suara manusia yang mampu memecahkan gelas kaca memang sudah ada sejak lama namun baru saja bisa dibuktikan melalui sebuah video oleh mythbuster, video tersebut tidak hanya sekedar membuktikan bagimana suara keras itu dapat memecahkan kaca namun suara manusia pun mampu melakukannya, adalah seorang rocker Jaime Vendera yang telah membuktikannya pada tahun 2005.

BACA JUGA :

 > Teori Di Balik Tenggelamnya Titanic Di Laut Atlantik

Dalam benak anda pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana caranya bahwa suara manusia mampu memecahkan gelas kaca? Seperti yang sama-sama telah kita ketahui, bahwa suara dapat tercipta dikarenakan adanya sebuah getaran dalam bentuk gelombang yang mempunyai frekuensi suara tertentu.

Setiap benda yang terdapat di sekitar kita ini memiliki sesuatau frekuensi dalam fisika yang dikenal dengan nama "natural frequency" atau biasa disebut dengan frekuensi natural yakni sebuah frekuensi alami dimana akan muncul apabila sebuah objek bergetar.

Objek Serta Kondisi Tertentu

Setelah kita mengetahui teori tentang suara manusia mampu memcahkan gelas kaca tadi, tidak berarti bahwa semua objek yang terbuat dari kaca dapat anda pecahkan hanya dengan suara anda. Ada beberapa hal serta kondisi tertentu yang dapat menentukan seberapa mudah atau sulitnya objek atau gelas kaca tadi dapat pecahkan.


Pertama-tama yang harus dipastikan adalah tentang kondisi objek itu sendiri. Alasan mengapa mythbuster lebih memilih sebuah gelas anggur menjadi objek, hal itu dikarenakan gelas anggur memiliki bentuk silinder dan memiliki struktur yang tipis, sehingga lebih mudah pecah jika dibandingkan dengan objek kaca yang lainnya.

Bentuk gelas anggur yang silinder tersebut dapat mengurung dan menahan suara yang masuk kedalam gelas hingga menyebabkan getaran bisa tercipta lebih kuat, Di samping itu kaca yang terdapat pada gelas anggur juga lebih tipis. 


Hal terakhir yang harus anda perhatikan yaitu seberapa kuat suara yang harus anda keluarkan untuk menghantarkan frekuensi yang sama pada sebuah objek gelas kaca. Karena berapapun banyaknya suara yang keluar dari mulut anda dengan resonansi yang biasa saja serta tidak mampu menyamai frekuensi objek tersebut

Pada umumnya suara manusia saat normal memiliki kekencangan sekitar 50-60 desibel dan jika dibandingkan pada saat berteriak dapat mencapai sekitar 80 dB. Diperkirakan untuk dapat memecahkan sebuah gelas anggur seperti diatas tadi dibutuhkan kekencangan suara sekitar 100 dB. 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment