Kenapa? Menahan Buang Air Besar Membuat Kita Berkeringat Dingin?

Kenapa? Menahan Buang Air Besar Membuat Kita Berkeringat Dingin?

INIKECE - Pernahkah teman-teman berkeringat dingin saat menahan buang air besar? Ketika terasa sakit perut dan ingin baung air besar, kita akan segera pergi ke toilet.

Tapi kadang kita tidak bisa segera buang air besar. Karena suatu kondisi, seperti sedang mengikuti ujian atau terjebak macet di perjalanan.

Nah, saat menahan untuk buang air besar ini, apakah teman-teman merasakan ada keringat dingin mengalir di sekujur tubuh?

Penyebab keringat dingin mengalur di tubuh kita saat menahan buang air besar ternyata terjadi karena tubuh kita mengeluarkan tenaga yang lebih saat menahan kotoran keluar dari tubuh kita.

Saat kotoran atau feses sudah menumpuk di usus besar, tubuh kita akan otomatis mengirimkan sinyal bahwa kita harus segera pergi ke toilet.

Tapi bukannya mengeluarkan kotoran, kita justru terpaksa mengencangkan anus untuk menahan agar kotoran tidak keluar. Menahan buang air besar ternyata membuat gerakan usus besar merangsang saraf vagus untuk berkontraksi.

Saraf Vagus ini adalah salah satu dari 12 saraf yang ada di tubuh kita yang membentang dari organ-organ yang ada di perut, termasuk organ-organ di saluran pencernaan.

Kontraksti saraf vagus inilah yang bisa menahan kotoran agar tidak keluar untuk beberapa saat. Saraf tadi lama-kelamaan akan membuat tubuh mengeluarkan keringat dan juga menggigil, karena tenaga yang cukup besar yagn kita keluarkan.

Selain berkeringat dan menggigil, menahan buang air besar terlalu lama juga bisa menyebabkan sembelit.

BACA JUGA :

Buah Semangka Sehat Bagi Tubuh, Ini Manfaatnya!

Saat menahan buang air besar, perut tiga akan terasa seperti tertekan dan mirip seperti saat kembung. Tapi lama-kelamaan rasa sakit perut itu hilang dan kita jadi merasa tidak ingin buang air besar lagi.

Ternyata ini bukan tanda kalau kita sudah tidak ingin buang air besar, tapi justru bisa saja menjadi tanda kalau terkena sembelit.

Semakin lama kita menahan buang air besar, kotoran akan menumpuk di usus besar dan mengeras, yang kemudian menekan saluran pencernaa kita.

Memang lebih baik kita tidak menahan buang air besar ya, Kalau memang tidak memungkinkan untuk segera buang air besar, lebih baik jangan menahannya terlalu lama.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment