Luar Biasa Indahnya! Sungai Dengan Lima Warna Yang Luar Biasa

Luar Biasa Indahnya! Sungai Dengan Lima Warna Yang Luar Biasa

INIKECE - Sungai Cano Cristales yang mendapat julukan sebagai "The Liquid Rainbow" atau sungai lima warna yang paling indah di dunia.

Cano Cristales terletak di daerah terpencil di Serrania de la Macarena, provinsi Meta, Kolombia. Karena terletak di daerah terpencil yang terisolasi, sehingga sungai ini sudah diakses melalui jalan darat.

Cano Cristales disebut juga sebagai The River Of Five Colors atau sungai dari lima warna, karena keindahan warna-warna yang tampak dari sungai ini, seperti warna hijau, hitam, biru, kuning dan warna merah yang mencerminkan nuansa yang ada di sekitarnya. Inilah lima warna yang terpancar dari sungai lima warna paling indah di dunia.


Dalam kurun waktu sepanjang tahun, Cano Cristales tampak seperti sungai biasa pada umumnya, berwarna putih jernih. Tetapi, antara musim hujan ke musim kemarau, dalam waktu singkat tersebut, terjadi transformasi atau perubahan yang begotu menakjubkan. Spesies tanaman bunga Macarenia Clavigera, termasuk spesies tanaman yang indah, berubah warna menjadi merah cerah di dalam air serta populasinya bertambah banyak.

Selama rentang waktu yang singkat antara musim hujan dan kemarau, air menjadi menyusut sehingga permukaan airnya menurun, cukup bagi sinar matahari menghangatkan ganggang dan lumut berwarna kuning dan hijau muda yang tumbuh di bagian bawah sungai.

Kehangatan air ini merangsang pertumbuhan yang eksplosif dan pemekaran. Ransangan inilah membuat Macarenia Clavigera berubah warna menjadi merah yang cemerlang

BACA JUGA :

 > Cari Tau, Fakta Unik Dari Warna !


Selain tanaman yang ada di dasarnya, sungai lima warna ini juga memiliki karang, meskipun begitu tidak ada ikan sama sekali yang hidup di sungai ini. Warna merah yang tampak merupakan karakteristik dari spesies tanaman Macarenia Clavigera (Prodostemaceae). Tempat menempel atau tumbuh tanaman merah ini adalah pada batu dengan arus yang lebih cepat.

Daerah Cano Cristales berada dalam wilayah hutan hujan hydrophytic, bersuhu hangat, panas dan dingin. Gunung yang berada disini merupakan rumah bagi sekitar 10 spesies amfibi, 8 primata, 43 jenis reptile, dan 420 spesies burung.


Di hutan ini, tanaman Macarenia berjuang untuk menemukan unsur-unsur nutrisi dari dalam tanah, sementara itu berbagai populasi jamur memecah batang-batang pepohonan yang tumbang. Lubang-lubang kecil di dasar sungai Cano Cristales dibentuk oleh kerikil dan potongan mineral yang sangat padat.

Bebatuan yang terdapat di sungai ini merupakan lanjutan dari bebatuan di perbatasan Venezuela, Brasil, dan Guyana, yang diperkirakan berumur 1,2 miliar tahun. 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment