Luar Biasa! Terowongan Paling Unik Yang Pernah Ada

Luar Biasa! Terowongan Paling Unik Yang Pernah Ada

INIKECE - Banyak bangunan yang bisa kita temukan di berbagai belahan dunia. Salah satu-nya yang juga sangat unik desainnya adalah terowongan.

Ada beberapa terowongan yang dibuat dengan sangat unik dan tentunya orang yang melewati terowongan tersebut juga akan merasa ikut terbawa aneh dengan konstruksi bangunan terowongan tersebut. 

Lalu apa sajakah terowongan paling luar biasa yang ada di dunia ini?

* Laerdal Tunnel ( Norwegia )


Terowongan Laerdal di Norwegia ini dibuat dengan 5000 ledakan untuk menghancurkan bebatuan untuk dibuat terowongan. 

Terowongan ini sendiri dibangun membentang di bagian bawah pegunungan Norwegia dan dibuat dengan panjang 15 mil. Terowongan ini tidak hanya merupakan terowongan yang dibuat dengan banyak ledakan namun juga meruapakan terowongan yang waktu pembangunannya juga sangat lama.

Bagaimana komentar orang-orang yang sudah melewati terowongan ini? Orang yang melewati terowongan ini akan merasa sangat bosan. Oleh sebab itu tambahan warna biru dan beberapa tikungan kecil dibuat agar pengemudi tidak merasa bosan dan mengantuk dan bisa menghindari kecelakaan.

* The Chunnel ( Perancis )


Terowongan Chunnel (Channel Tunnel) di Perancis ini disebut terowongan yang aneh karena, terowongan ini dibuat untuk menghubungkan Perancis dan Inggris dengan melalui Selat Inggris.

Hal ini dianggap lelucon pada jaman dahulu, namun sekarang ini sudah tersedia terowongan yang bisa menghubungkan Perancis dan Inggris melalui jalan darat saja.

BACA JUGA :

 > Pertama Di Dunia! Hotel Di Bawah Laut, Mewahnya Kamar Hotel!

* Zion Tunnel ( AS )


Terowongan Zion ini disebut sebagai terowongan yang unik karena di sisi kanan dan kiri terowongan ini banyak dihiasi dengan jendela berukir yang sangat indah.

Ada banyak pemandangan indah lainnya ketika anda melewati terowongan ini, misalnya pemandangan batu karang. Terowongan ini sendiri dibuat dengan menembus batu pasir.

Anda tidak perlul khawatir dengan kekuatan dari terowongan ini karena, terowongan ini telah dibuat dengan tambahan batu beton dan beberapa material baja sehingga terowongan akan sangat kokoh untuk jangka waktu yang lama.

* Thames Tunnel ( Inggris )


Terowongan di Inggris ( Thames ) ini sebenarnya tak terlalu spesial karena dibuat dengan panjang 1300 kaki dan kedalamannya 75 kaki.

Terowongan ini disebut sebagai terowongan yang unik karena ini merupakan terowongan bawah air yang pertama di Inggris. Teworongan ini sendiri telah dibangun sejak abad ke 19.

* Marmaray Tunnel ( TURKI )


Di Turki ada terowongan yang aneh juga. Namanya terowongan itu adalah Marmaray. Terowongan ini sendiri dibuat di tahun 2004, namun karena banyaknya masalah ketika pembangunan, maka pembangunan memang dihentikan oleh sementara waktu.

* Eisenhower Tunnel ( AS )


Terowongan Eisenhower di Johnson Memorial Tunnel ini dibuat dengan panjang 1.67 mil, ini adalah rute alternatif yang bisa anda pilih ketika anda bepergian di sebelah barat Denver.

Selain desainnya yang unik, tahukah anda bahwa terowongan ini juga merupakan salah satu terowongan tertinggi dan juga dikategorikan sebagai terowongan yang paling panjang di AS.

Terowongan ini juga unik karena dalam proses pembuatannya, kita akan mendapati struktur mistis yang bisa memotong bawah Continental Divide sehingga air mengalie ke Samudera Pasifik. 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment