Menanam Tanaman Di Depan Rumah Sendiri, Tips Cara Membuatnya!

Menanam Tanaman Di Depan Rumah Sendiri, Tips Cara Membuatnya!

INIKECE - Siap untuk menjajaki tips cara membuat taman depan rumah? Sudah yakin kalau kamu punya kemampuan dalam tata cara membuat taman depan rumah? Jangan cemas kita akan memberikan tips cara membuat taman depan rumah.

- Analisa Kemampuan Yang Dimiliki

Banyak yang senang dengan hobi berkebun, tetapi sebenarnya tidak semua orang punya kemampuan atas cara membuat taman depan rumah sendiri.

Jadi sebelum kamu terlalu ambisius terjun ke cara membuat taman depan rumah, ada baiknya lakukan riset kecil-kecilan atas dasar tata cara membuat taman depan rumah sendiri, termasuk pengenalan jenis tumbuh-tumbuhan yang diinginkan, situasi landscape yang ada, hingga pendekatan yang paling realistis.


Jika kamu termasuk tipe yang mahir dengan jenis tanah, tumbuhan dan juga punya waktu dalam cara membuat taman depan rumah sendiri, maka lanjutkan dengan langkah-langkah konkrit selanjutnya.

- Cari Tahu Jenis Taman Yang Diinginkan


Pahami kondisi taman depan rumah yang ada dan sesuaikan dengan ekspektasi kamu. Taman depan rumah harus bisa menjadi representasi cita rasa dan selera pemilik rumah, sebuah tempat dimana anggota rumah bisa bebas beraktivitas dan merasa senang dengan hasil akhir taman depan rumah.

Untuk mendapatkan inspirasi tentang jenis taman depan rumah yang diinginkan, coba gali inspirasi dari majalah, internet, dan ide-ide taman lain yang pernah kamu lihat.

- Bersih - Bersih Untuk Memulai


Cara membuat taman depan rumah tidak akan luput dari aksi pembersihan total di areal lahan yang dikehendaki.

Cari waktu tepat untuk mulai membersihkan rongsokan, tumpukan sampah, atau sisa-sisa tumbuhan yang ada. Setelah bersih, kamu akan punya lebih banyak ide dan inspirasi serta motivasi dalam mengelola taman depan rumah yang paling ideal.

BACA JUGA :

Keren! Salah Satu Cafe Di Vietnam Berkonsep Unik, Dengan Lantai Kolam Ikan Koi


- Konsultasi Dengan Ahlinya


Sesungguhnya cara membuat taman depan rumah termasuk proyek yang gampang-gampang susah. Gampang karena masih bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan profesional.

Tetapi juga punya tantangan tersendiri yang harus diatasi. Solusi dalam cara membuat taman kecil depan rumah ini adalah dengan berkonsultasi dengan mereka yang sudah ahli atau setidaknya tahu dan pernah membuat taman depan rumah sendiri.

Berkonsultasi dengan desainer khusus landscape taman juga bisa menjadi awal yang baik untuk merencanakan aktivitas selanjutnya, target dan anggaran yang realistis dalam cara membuat taman depan rumah ini.

- Mulai Susun Anggaran (Budget)


Beberapa pengerjaan landscape dalam cara membuat taman depan rumah tidak akan semahal perkiraan awalnya, namun bisa juga anggaran menjadi bengkak tak menentu arah.

Supaya cara membuat taman depan rumah ini berjalan sesuai budget yang ada, coba bagi area taman rumah menjadi beberapa bagian dan biaya yang akan timbul.

Tidak yakin dengan kemampuan anggaran? Konsultasikan dengan ahlinya dan bandingkan apakah cara membuat taman depan rumah sendiri akan lebih mahal atau rumah daripada jasa profesional.

- Bagi Target & Jalankan Sesuai Timing


Setelah rencana cara membuat taman depan rumah sudah mantap seluruhnya, baik dari segi prosedur hingga budget, saatnya untuk mulai bekerja! Namun, pahami kalau cara membuat taman depan rumah tidak akan mengambil waktu yang singkat, bisa bulanan hingga menahun.

Visi dalam cara membuat taman depan rumah ini memang berbeda-beda bagi tiap individu. Supaya kamu tidak kewalahan, bagi proyek cara membuat taman depan rumah ini dalam beberapa fase dan beri target waktu yang realistis. Ini baik supaya rencana jangka pendek ini bisa diselesaikan satu persatu, dibandingkan dengan membuat rencana jangka panjang yang tidak kunjung kelar.

- Mulai Dari Bagian Depan


Supaya taman depan rumah tidak sampai terlihat berantakan, maka jalankan perencanaan cara membuat taman depan rumah dari sisi depan yang paling dekat dengan pintu masuk atau pagar halaman.

Jadi, fase pertama harus diprioritaskan dari bagian luar dan berangsur-angsur masuk ke bagian tengah dan dalam menuju pintu masuk rumah.

- Jangan Impulsif & Terburu-buru


Cara membuat taman depan rumah selalu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mengikuti rencana yang sudah dipersiapkan.

Hindari pembelian impulsif seperti dekorasi taman yang tidak direncanakan, tetapi tetap evaluasi setiap pembelian sesuai budget dan style taman yang direncanakan. Ini gunanya riset yang sudah kamu jalankan di awal.

Taman depan rumah boleh saja berubah tetapi tidak secara drastis dan dalam waktu singkat. Sebaliknya, taman depan rumah boleh berubah sesuai waktu dan kebutuhan, misalnya merubah area tertentu untuk mengakomodasi si kecil yang mulai tumbuh aktif.

- Fokus Pada Budget, Waktu & Tempat


Terakhir, cara membuat taman depan rumah ini akan sukses jika kamu jujur pada budget, serius pada waktu, dan mengejar target sesuai perencanaan. 

Ingat kalau semua waktu dan tenaga harus diperhitungkan dalam cara membuat taman depan rumah. Supaya tidak sia-sia, jalani dengan sungguh-sungguh, tetap realistis dan selamat mencoba!
Reactions:

0 comments:

Post a Comment