Suku Inca, Amerika Selatan Yang Memiliki Keunikan Tersendiri!

Suku Inca, Amerika Selatan Yang Memiliki Keunikan Tersendiri!

INIKECE - Suku Inca merupakan salah satu suku di Amerika Selatan, mereka memiliki keunikan terssendiri, yang membuat adanya fakta unik dari suku Inca yang telah dikenal hingga ke penjuru dunia.

Apa saja keunikan dari suku Inca yang cukup berkuasa di lembah pegunungan Andes ini? Dari pada penasaran, langsung saja intip fakta-fakta terunik dari Suku Icha berikut ini,

1. Kerajaan Paling Perkasa di Lembah Andes


Suku Inca memerintah sebuah kerajaan yang cukup tangguh yang didirikan pada tahun 1430M, yang wilayah kekuasaannya membentang sepanjang pantai barat hingga pegunungan Andes di Amerika Selatan dengan bentang area lebih dari 4.020 kilometer.

Kerjaan Inca memiliki keterampilan militer yang bagus dengan kekuatan yang besar. Oleh karenanya kerajaan ini menjadi kerajaan terbesar yang mampu menaklukkan seluruh kerajaan disekitarnya dan bertahan hingga 100 tahun lebih lamanya. 

Sebagai kerajaan yang sangat tangguh kerajaan Inca ini bukan lawan yang mudah, bahkan tentara Spanyol membutuhkan waktu yang tak kurang dari 40 tahun dibawah kepemimpinan Francisco Pizarro Conquistador untuk menaklukkan kerajaan ini sepenuhnya.

2. Memiliki Ketrampilan Kontruksi Yang Luar Biasa


Fakta unik Suku Inca yang tak kalah mengagumkan adalah kemampuannya dalam bidang kontruksi yang sangat mengagumkan, pada masa kepemimpinan kerajaan Inca, mereka telah membangun kota dengan desain yang seksama. 

Untuk memudahkan kegiatan transportasi antar wilayah, kerajaan ini telah membangun jaringan jalan yang menghubungkan seluruh wilayah yang berada dibawah kekuasaan kerajaan Inca
Bangunan kota Inca seperti kuil, Istana serta bangunan lainnya dibangun dengan sistem konstruksi yang luar biasa yang bermaterial batu-batuan besar.

Ketrampilan suku Inca dalam hal konstruksi, juga terlihat dari sistem pertaniannya yang telah dibuat terasering untuk menghindari pengikisan tanah, mengingat wilayah pegunungan Andes yang curam.

BACA JUGA :

 > Tersembunyi! 12 Tempat Ini Memiliki Keindahan Yang Luar Biasa

3. Sebagai Kota Seni


Selain terkenal dalam hal konstruksi, Suku Inca memiliki ketrampilan dalam mengolah benda-benda logam seperti emas dan perak menjadi sebuah karya yang sangat indah. Selain seni logam, mereka juga sangat terampil dalam membuat tembikar yang halus, tekstil dengan warna-warna yang cantik, serta sangat mahir dalam membuat mahkota atau hiasan kepala yang rumit serta tak ketinggalan jubah bulunya. 

Suku Inca juga telah membangun peradaban yang cukup maju, mereka menggunakan quipu atau ikatan tali sebagai pengganti alphabet untuk melakukan pencatatan, melacak orang, penandaan hewan ternak, bahkan untuk alat penanda sejarah suku Inca.

4. Kepercayaan Terhadap Dunia Para Dewa


Suku Inca tak ternyata mempercayai terhadap dunia para Dewa, mereka percaya dengan melakukan pendakian hingga kepuncak pegunungan salju dapat lebih dekat dengan para Dewa.

Kepercayaan suku Inca lainnya yang cukup mencengangkan adalah upacara keagamaan suku Inca yang disebut dengan Capacocha. Upacara ini dilakukan dengan mengorbankan anak-anak yang dianggap suci untuk dapat ke dunia para Dewa, dan pengobanan ini dipercaya dapat menjadi pintu masuk mereka ke surga tempat tinggal para Dewa.

5. Kota Dengan Penginggalan Sejarah Yang Mengagumkan


Kemajuan kerajaan Inca pada jamannya, dapat kita nikmati peninggalannya hingga kini. Banyak bangunan-bangunan unik dengan konstruksi mengagumkan sebagai bukti Inca pernah merajai lembah pegunungan Andes.

Bangunan-bangunan peninggalan suku Inca yang masih tersisa hingga kini diantaranya adalah Moray, Winay Wayna, Coricancha, Llactapata, Isla Sel Sol, Sacsayhuaman, Picas, Choquequirao, Ollantaytambo, serta Machu Picchu. Keindahan dan kemegahan peninggaln sejaranya menjadi pelengkap fakta unik Suku Inca yang melegenda.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar