5 Fakta Tentang Nasi Yang Belum Diketahui!

5 Fakta Tentang Nasi Yang Belum Diketahui!

INIKECE - Konon katanya, jika belum memakan nasi maka berarti belum makan. Nasi memang menjadi makanan pokok sehari-hari kita. Tetapi kamu harus tahu nih ternyata ada racun dan bahaya dari nasi yang perlu kamu ketahui supaya lebih berhati-hati untuk kesehatan!

1. Nasi Beracun Berada Di Rice Cooker Lebih Dari 12 Jam


Dr Andry Hartono, SpGK menjelaskan bahwa sebaiknya kita mengeluarkan nasi setelah 12 jam berada di rice cooker dalam kondisi yang terus menerus di panaskan. 

Nasi yang dihangatkan terus menerus akan membentuk superoksidasi yang menghasilkan radikal bebas superoksid. RB ini memicu inflamasi dan inflamasi yang terus-menerus menyebabkan mutasi DNA pada stem cell yang akan menjadi sel baru untuk menggantikan sel yang lama/tua dan rusak.

Mutasi ini membuat sel baru tersebut menjadi sel kanker yang regenerasinya tidak terkontrol dengan apoptosis. Selain itu juga akan membuat gelatininasi yang membuat karbohidrat lebih mudah diserap sehingga memiliki indeks glikemik tinggi.

2. Kurang Vitamin Dan Serat


Kalau kamu mengkonsumsi nasi yang berlebih ini juga bisa membuat kamu kekurangan vitamin dan protein karena tubuh lebih memiliki karbohidrat dibandingkan degan lauk.

Padahal kita tahu bahwa kebutuhan akan vitamin dan serat dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Ikan dan daging yang dimakan bersamaan nasi pasti membuat makan cepat kenyang dan memenuhi kebutuhan protein.

BACA JUGA :

 > Sajian Penutup Dari Sejumlah Negara Dunia! Kue Goreng Bercita Rasa Manis

3. Konstipasi


Saat makan nasi berlebih kamu juga bisa membuat penumpukan karbohidrat. Kebutuhan serat tidak terpenuhi yang akhirnya akan membuat kamu susah untuk BAB.

Sebanyak apapun nasi yang kamu makan pastikan kalau kamu juga mengkonsumsi serat yang cukup untuk lancarakan pencernan.

4. Nasi Akan Membuat Cepat Lapar


Nasi memiliki Kadar Glycemic Indeks yang tinggi. Saat kita mengkonsumsi nasi, maka kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Tapi ternyata peningkatan tersebut akan mengalami penurunan yang membuat tubuh akan segera mendeteksinya, sehingga membuat sebuah sistem bahwa tubuh kekurangan energi dan butuh makan.

Padahal sebenarnya penurunan kadar gula itu tidak menyebabkan tubuh kekurangan sumber energi, namun karena persepsi penurunan gula dianggap kekurangan energi makan akan timbul stimulasi rasa lapar yang berlebihan.

5. Kegemukan


Mengonsumsi nasi yang mengandung gula secara berlebihan tentunya akan membuat kamu menumpuk karbohidrat yang banyak yang akhirnya menyebabkan dan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Tubuh membutuhkan kandungan vitamin dan serat yang seimbang. Jadi jangan sampai kamu terlalu banyak nasi 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment