Ayo Tebak! Kenapa Menelen Air Ludah Tidak Bisa Menghilangkan Rasa Haus?

Ayo Tebak! Kenapa Menelen Air Ludah Tidak Bisa Menghilangkan Rasa Haus?

INIKECE - Mengapa pada saat haus, kita menelan ludah dan haus itu juga tidak menghilang? Haus tersebut akan terus bertambah, yang membuat kita ingin sekali meminum air lebih banyak!

Air sendiri memiliki fungsi untuk menggantikan cairan pada tubuh yang hilang. Tetapi kenapa air ludah tidak bisa? malah justru membuat tambah haus?

* Kekentalan Air Ludah Berbeda Dengan Cairan Tubuh

Menelan air ludah atau saliva, memang tidak bisa menghilangkan rasa haus, karena ia mempunyai tingkat kekentalan yang berbeda dengan cairan tubuh kita.

Air ludah sendiri terdiri dari 98 persen air, tapi tingkat konsentrasi atau tingkat kekentalan air ludah lebih tinggi dibandingkan cairan tubuh, yang membuat air ludah lebih kental.

Padahal, cairan tubuh manusia bekerja dengan cara hukum osmosis. Humum Osmosis artinya cairan yang mempunyai tingkat konsentrasi rendah atau encer akan bergerak mendekati  cairan yang memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi atau lebih kental.

Ini artinya, cairan yang lebih kental akan menyerap cairan lain yang lebih encer.

* Menelan Air Ludah Akan Membua Sekain Haus.

Cairan yang biasa lebih kental akan menyerap cairan dalam tubuh kita yang lebih encer, hal ini akan membuat kita semakin haus.

Padahal cairan tubuh kita yang encer ini berfungsi untuk membasahi sel-sel tubuh kita yang membutuhkan. Kalau cairan tubuh kita yang encer ini berfungsi untuk membasahi sel-sel tubuh kita yang membutuhkan.

Kalau cairan tubuh kita terserap oleh air ludah yang kental, ini artinya cairan tubuh kita akan menjauhi sel-sel yang dilapisi dan justru terserap air ludah yang kita telan.

Hal inilah yang menyebabkan kita merasa segar saat minuma air mineral di hari yang yang panas, karena air yang lebih encer dari air ludah bisa membuat proses osmosis dalam tubuh kita berjala lancar.

Air putih atau air mineral akan terserap secara perlahan oleh sel-sel tubuh kita yang butuh untuk dihidrasi.

BACA JUGA :

Cemilan Sehat Yang Memiliki Kadar Gula Tinggi !

* Jika Sudah Dehidrasi Parah, Harus Diberi Cairan Khusus.

Walaupun minum air saat tubuh mengalami dehidrasi bisa membantu mengembalikan cairan tubuh, tapi berbeda halnya dengan dehidrasi parah yang membuat seseorang pingsan.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi dan tidak bisa meminum air secara langsung, harus dilakukan cara yang berbeda agar kembali terhidrasi.

Dokter atau tenaga media lainnya biasanya akan memberikan cairan khusus yang mempunyai tingkat kekentalan yang sama dengan cairan tubuh.

Cairan khusus ini diberikan dengan cara menginggus penderita dehidrasi agar langsung masuk ke sel-sel tubuh kita.

Tapi, mengapa penderita dehidrasi tidak bisa diberikan air melalui cara infus?

Hal ini karena air akan terlalu cepat masuk kedalam sel-sel tubuh sehingga tidak bisa terserap dengan baik oleh tubuh kita!

* Ludah Juga Punya Manfaat Untuk Tubuh!

Meskipun menelan ludah tidak bisa menghilangkan rasa haus yang kita alami, tapi ludah tetap peting untuk tubuh kita.

Air ludah bisa membuat makanan yang kita konsumsi terasa lebih enak. Karena air ludah akan membantu memecah karbohidrat, lemak, dan juga protein yang membuat makanan terasa lebih nikmat.

Selain itu, air ludah juga akan melumasi atau melapisi makanan sehingga mudah untuk dikunyah serta dicerna.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment