Fenomena Alam Yang Menakjubkan Di Dunia!

Fenomena Alam Yang Menakjubkan Di Dunia!

INIKECE - Alam tidak pernah berhenti membuat manusia terkejut dan takjub, bahkan alam senantiasa menampilkan keindahannya kepada manusia. Dari sekian banyak fenomena alam yang ada, kami merangkumnnya dalam fenomena alam yang menakjubkan di dunia.

1. Pink And White Terraces


Pink and White Terraces, berada di Selandia Baru, dapat dikatakan sebagai salah satu dari "Delapan Keajaiban Dunia" pada masanya.

Namun pada 10 Juni 1886, sekitar pukul 03.00 waktu setempat Gunung Tarawera meletus dan mengeluarkan seluruh isinya seperti lumpur yang bercampur dengan lava panas, batu-batu merah dan awan panas besar abu hitam membumbung diudara.

Beberapa jam kemudian, desa di sekitar Pink and White Terraces yaitu desa Maori Moura dan Te Ariki telah dilapisi dengan lapisan lumpu cair, batu dan abu. Letusan Gunung Tarawera.

2. Giant Crystal Cave


Sebuah gua yang berisi Kristal Selenite raksasa dan terhubung dengan sebuah Tambang Naica yang berjarak 300 meter di Chihuahua, Meksiko.

Menurut penelitian kristal yang terdapat di gua tersebut merupakan kristal alam terbesat yang pernah ditemukan. Gua kristal ini mempunyai ukuran dengan panjang 11 x 4m dengan diameter dan berat rata-rata 55 ton.

Sedangkan gua yang memiliki luas 27 x 9m ini memiliki suhu yang sangat panas dengan suhu udara mencapai sampai 58° C dengan kelembakan 90 sampai 100 persen. Dengan suhu udara seperti itu membuat gua ini belum pernah bahkan tidak mungkin untuk diselidiki karena suhu ekstrim dan kelembabannya yang tinggi.

3. Catatumbo Lightning


Sebuah fenomena atmosfer di Venezuela. Sambaran Petir ini sering terjadi di daerah Sungai Catatumbo yang bermuara di Danau Maracaibo. Catatumbo Lightning berasal dari massa awan badai yang menciptakan busur volta pada ketinggian lebih dari 5 km, selama 140-160 malam setahun.

10 jam per hari dan hingga 280 kali per jam. Ini terjadi di permukaan dan sekitar Danau Maracaibo. Namun setelah muncul terus menerus selama berabad-abad, sambarang petir ini jarang terlihat lagi selama beberapa waktu, yaitu bulan Januari - April 2010.

4. Pilar Cahaya


Fenomena visual yang tercipta akibat pantulan cahaya yang dibiaskan oleh kristal es ke permukaan planar horisontal paralel. Cahaya yang dibiaskan oleh kristal es dapat berupa cahaya matahari ataupun pantulan cahaya bulan yang berasal dari matahari.

bahkan dapat bersumber terestrial seperti lampu jalanan. Fenomena ini disebut pilar menghasilkan sebuah cahaya yang panjang menyerupai sebuah pilar atau tiang-tiang cahaya.

BACA JUGA :

 > Mengerikan Dan Aneh! 6 Fenemona Alam

5. Penitentes


Penitentes atau Penintentes Nieves, adalah pembentukan salju yang biasanya ditemukan di dataran tinggi. Wujud dari es ini seperti bilah-bilah tipis yang tinggi terbuat dari salju yang mengeras dan hampir menyerupai layaknya stalaktit yang berada di dalam gua.

6. Moeraki Boulders


The Mouraki Boulders adalah sejumlah batu bular besar yang dapat ditemukan berserakan di sepanjang pesisir Pantai Koekohe daerah Moeraki.

Sebuah pemukiman kecil di selatan Hampden di Pantai Otago Selandia Baru. Bebatuan "Concretions Septarian" yang bewarna abu-abu ini telah terpapar erosi garis pantai dari batu lumpur hitam tebing pesisir pantai.

7. SunDogs


Sun Dog merupakan sebuah fenomena atmosfer yang menciptakan titik terang cahaya di langit, serupa sebuah cincin bercahaya yang menyerupai 2 matahari kecil dimasing masing sisi matahari.

SunDogs mungkin muncul sebagai "patch" berwarna cahaya di kiri atau kanan matahari. Fenomena unit ini dapat dilihat hampir di seluruh berlahan dunia, tetapi tidak selalu jelas atau terang. SunDogs dapat dilihat dan yang paling mencolok ketika matahari dalam posisi yang rendah.

8. Columnar Basalt


Berasal dari aliran lava yang menutupi hampir sebagian besar wilayah Timur Washington dan bagian Idaho dan Oregon antara 12 juta - 17 juta tahun yang lalu. Basal yang membanjiri lebih dari 13 kali ukuran umumnya ini ada beberapa bagian yang menyusut 5 - 10% dan terpercah membentuk kolam-kolam segi enam, sedangkan sebagian lagi ada yang mengkristal. Namun setiap lapisannya tidak beraturan.

9. Red Tide


Red Tide adalah suatu fenomena yang terjadi secara alamiah dikarenakan kadar dari brevis ganggang mikroskopis Karenia melebihi ambang normal.

Organisme ini menghasilkan racun yang mempengaruhi sistem saraf pusat ikan sehingga mereka lumpuh dan tidak bisa bernapas. Akibatnya warna merahnya sering mengakibatkan ikan mati di pantai teluk.

10. Ice Circle


Disc Ice atau Ice Circle adalah fenomena alam yang langka yang terjadi di dalam air yang bergerak lambat di daerah beriklim dingin. Disc Ice merupakan sebuah lembaran tipis dari danau yang membeku dan berbentuk layaknya sebuah lingkaran sempurna bagaikan sebuah disck yang perlahan-lahan bergerak diatas permukaan air danau yang membeku.

Pembentukan Disc Ice diyakini dipengaruhi oleh arus "Eddy". Fenomena ini sering terjadi di Skandinavia dan Amerika Utara. 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment