Indah! Gerhana Bulan Darah Serigala Di Langit Eropa Hingga Amerika

Indah! Gerhana Bulan Darah Serigala Di Langit Eropa Hingga Amerika

INIKECE - Gerhana bulan darah serigala atau super blood wolf moon, adalah nama keren yang diberikan pada gerhana bulan yang terjadi bersamaan dengan super moon di bulan Januari. Penampakan puncaknya terjadi pada tanggal 21 Januari 2019.

Sayangnya, fenomena ini tidak bisa diamati dari Indonesia. Hanya mereka yang berada di benua Afrika, Eropa, dan Amerika, yang beruntung bisa melihat gerhana bulan darah serigala itu.

"Iya, tidak dapat diamati di Indonesia karena saat gerhana terjadi Indonesia sedang siang hari. Hanya benua Eropa, Afrika, dan Amerika yang bisa menikmati gerhana bulan total," jelas Tiar Dani, Peneliti astronomi dan astrofisika LAPAN.

Tiar menjelaskan fenomena super moon atau bulan super tetap terlihat di Indonesia. Hanya saja krena kejadian gerhana tidak bisa diamati, maka penampakan Bulan atau super moon tidak berwarna kemerahan.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengatakan tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan darah serigala ada di Louisiana, Amerika Serikat. Disana gerhana akan mencapai totalitas, atau titik dimana ia terlihat benar-benar berwarna oranye.

Sebagian dari kamu mungkin penasaran kenapa fenomena gerhana bulan total kali ini bisa disandingkan dengan kat "darah serigala?"

Gerhana bulan total adalah peristiwa ketika Matahari, Bumi, dan Bulan, berada oada satu garis lurus, sehingga sinar Matahari tidak bisa sampai ke Bulan akibat terhalang oleh Bumi. Saat Bulan melakukan perjalanan melalui bayangan Bumi, Bulan akan tampak memiliki warna oranye, itulah sebabnya ia disebut 'blood moon' atau 'bulan berdarah'.

Kemudian, karena gerhana kali ini hanya terjadi selama bulan purnama dan saat bulan purnam pertama di bulan Januari, maka fenomena ini disebut 'wolf moon' atau 'bulan serigala'.

Lalu, kata super-nya diberikan karena dalam fenomena ini, bulan mencapai bagian orbitnya yang paling dekat dengan Bumi, yang juga dikenal sebagai perigee. Di saat itu Bulan akan tampak lebih besar jika dilihat dari Bumi dan publik memberi isitilah 'super moon' atau 'bulan super' untuk kejadian macam ini.







Reactions:

0 comments:

Post a Comment