Lembut dan Lumer Di Mulut! Inilah Olahan Durian Yang Populer

Lembut dan Lumer Di Mulut! Inilah Olahan Durian Yang Populer

INIKECE - Musim durian yang kini tengah terasa di berbagai daerah dimanfaatkan banyak pecintanya untuk menyantap Si Raja Buah ini sepuasnya. Panen yang melimpah memang membuat harga durian jauh lebih murah, sehingga banyak orang tak segan untuk memborongnya.

Seringkali buah durian disantap langsung dalam keadaan segar sambil bersantai dengan orang-orang terdekat. 

Tapi, buah lembut ini ternyata juga cocok diolah menjadi berbagai hidangan pencuci mulut yang nikmat. Bahkan beberapa hidangan pencuci mulut serba durian ini menjadi makanan yang cukup populer di beberapa daerah.

Rasanya yang manis dengan teksturnya yang meleleh di mulut membuat cita rasa aneka kudapan berbahan durian semakin menggugah.

1. Pancake Durian


Pancake durian merupakan salah satu kudapan legit yang cukup populer di Medan, bahkan menjadi oleh-oleh wajib dari kota berjuluk Melayu Deli ini.

Menariknya, meski diberi nama Pancake Durian, kudapan ini justru memiliki tampilan menyerupai olahan dadar gulung.

Warna-warna cerah kulit pancake ditambah tekstur lembut dan lumer isian duriannya memang menjadi keistimewaan kudapan ini. Biasanya pancake durian akan dibekukan terlebih dahulu sebelum disajikan agar rasanya semakin segar.

2. Ketan Durian


Sesuai namanya, hidangan ini memang terbuat dari ketan yang disiram kuah kental bercita rasa durian. Meski terlihat sederhana, namun jangan salah, hidangan ini menjadi salah satu kudapan favorit pecinta durian.

Tambahan kuah yang terbuat dari santan, gula, dan tentunya daging durian memang membuat tekstur ketan semakin lembut dan legit. Ditambah porsinya yang mengenyangkan, kudapan yang juga dikenal dengan sebutan kinca durian ini sangat cocok disajikan sebagai cemilan pengganjal perut di siang maupun sore hari.

3. Sop Durian


Sop atau sup biasanya identik dengan hidangan bercita rasa gurih dan hangat. Namun berbeda dengan sop durian, kudapan ini justru disajikan dalam keadaan dingin dan memiliki cita rasa menyegarkan.

Sop durian sendiri tersebut dari daging durian yang disajikan bersama es serut, santan, dan susu kental manis melimpah di atasnya.

Sebagai variasi, kini sup durian juga sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti aneka buah segar, kacang merah, bahkan parutan keju.

BACA JUGA :

 > Cemilan Sehat Yang Memiliki Kadar Gula Tinggi !

4. Lempok Durian


Bila Medan punya pancake durian, kota Palembang juga memiliki kudapan bernama lempok durian yang tak kalah nikmatnya. Lempok durian terbuat dari tiga bahan saja. yaitu daging durian, gula pasir, dan sedikit garam yang dimasak selama berjam-jam hingga mengental dan berubah warna.

Proses pemasakan yang lama tersebut membuat tekstur lempok terasa kenyal menyerupai dodol atau jenang. Berkat kelezatannya, lempok durian kini tak hanya populer di Palembang saja, namun telah merambah ke beberapa kota lain di Sumatera bahkan Kalimantan.

5. Tempoyak


Tempoyak bisa dibilang sebagai olahan durian dengan cita rasa yang paling unik. Banyak ditemukan di Sumatera dan beberapa daerah di Kalimantan, tempoyak terbuat dari campuran durian dan garam yang difermentasi hingga aromanya lebih menyengat.

Proses fermentasi ini juga membuat cita rasa tempoyak cenderung asam sehingga lebih sering diolah kembali menjadi hidangan lain. Biasanya tempoyak digunakan sebagai campuran sambal tempoyak, pepes, atau menambah rasa segar pada pindang ikan patin.

6. Es Krim Durian


Siapa yang dapat menolak kelembutan dan kesegaran Es Krim di siang hari yang terik? Apalagi saat dikombinasikan dengan durian, dijamin akan membuat pecinta Si Raja Buah ketagihan.

Perpaduan daging buah durian, gula pasir, susu, atau santan memang menambah lembut dan segarnya es krim beraroma khas ini. Tak mengherankan, es krim durian menjadi salah satu varian es krim yang populer di berbagai daerah di Tanah Air.

7. Cendol Durian


Di tengah cuaca terik, memang paling pas menyantap es cendol yang ampuh mendinginkan tenggorokan. Tapi bila bosan dengan es cendol yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba satu varian es cendol populer yang disajikan bersama buah durian.

Sebenarnya minuman ini tak jauh berbeda dari es cendol pada umumnya, hanya saja tambahan buah durian membuatnya terlihat lebih istimewa. Buah duriannya pun disajikan dalam keadaan segar, jadi rasa aslinya dijamin tak akan hilang.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment