Menakutkan! Polusi Tentang Fakta Plastik Yang Akan Membuat Manusia Sadar

Menakutkan! Polusi Tentang Fakta Plastik Yang Akan Membuat Manusia Sadar

INIKECE - Sebelum membahas sederetan fakta soal polusi plastik, ada baiknya kamu memperhatikan apa saja yang ada di sekitar kamu. Mulai dari cangkir, tempat makan, sampai phone case, hampir semua benda-benda ini terbuat dari plastik.

Peringatan untuk kita semua! Dikehidupan sehari-hari, manusia sering banget memakai produk dari plastik. Padahal produksi plastik secara berlebihan bisa merusak lingkungan dan kehidupan manusia. Polusi plastik juga menghancurkan hewan dan banyak ekosistem. 

1. Produksi Plastik Meningkat Pesat


Penelitian menunjukkan bahwa produksi plastik telah meningkat dari angka dua juta ton pada 1950-an menjadi 380 juta ton pada 2015. Bila tidak ada perubahan kebiasaan, diperkirakan 34 miliar ton akan diproduksi pada 2050/ Kebayang seberapa buruk dampaknya?

2. 46% Plastik Mengambang Di Lautan Seluruh Dunia


Hampir setengah dari lautan kita memiliki sampah plastik yang mengambang di permukaannya. Sekarang siapa yang tahu berapa banyak plastik yang benar-benar telah tenggelam ke dasar lautan?

3. Plastik Membutuhkan 50 Hingga 80 Tahun Untuk Terurai


Karena mengandung bahan yang sulit didaur ulang, maka plastik butuh waktu yang sangat lama, sekitar 50 sampai 80 tahun, untuk terurai. Beberapa tempat yang menjual minuman seperti kedai kopi pun mulai menawarkan diskon untuk pelanggan yang membawa cangkir atau gelas sendiri.

4. 100.000 Mamalia Laut Terbunuh Setiap Tahun Karena Plastik


Sekecil apapun jumlah dan bentuk plastik yang ada di laut dan di darat bakal membuat hewan kesulitan. Mereka sering keliru menganggap plastik sebagai makanan. Ratusan ribu hewan pun mati setiap tahun karena polusi plastik.

BACA JUGA :

 > Sumatera Utara: Spesies Lumba-Lumba Air Tawar Yang Nyasar

5. 500 Juta Sedotan Plastik Digunakan Setiap Hari


Sedotan plastik ada di hampir setiap tempat penjual makanan dan minuman. Padahal sedotan plastik adalah pencemar utama bagi pantai.

6. Hanya Ada 4 Cara Untuk Menangani Plastik


Plastik dapat didaur ulang, dikonversi menjadi bahan bakar atau energi, dihancurkan, atau dibuang ke lingkungan alami. Tentu saja, opsi terbaik adalah mendaur ulang atau mengubah plastik menjadi bahan bakar.

7. Terumbu Karang Di Seluruh Dunia Terancam Punah


Terumbu Karang adalah beberapa ekosistem produktif terbesat di dunia. Mereka menyediakan rumah bagi banyak organisme laut. Mereka juga melindungi garis pantai dari efek perusakan gelombang dan badai tropis dan membantu memperbaiki karbon serta nitrogen.

"Lebih dari 90% terumbu karang dunia akan mati pada tahun 2050," menurut Independent, Bakteri dari plastik adalah salah satu penyebabnya.

8. Plastik Membunuh Satwa Liar


Plastik mengancam lautan dan kehidupan laut. Hewan seperti burung laut, penyu, ikan, dan anjing laut ditemukan terjerat karena mengonsumsi plastik.

Ada baiknya, mulai sekarang kita semua mengubah kebiasaan hidup demi lingkungan yang lebih baik. Jangan sampai menyesal di kemudian hari!
Reactions:

0 comments:

Post a Comment