Seperti Neraka! 5 Api Abadi Ini Membuat Semua Orang Penasaran, Termasuk Para Ilmuwan

Seperti Neraka! 5 Api Abadi Ini Membuat Semua Orang Penasaran, Termasuk Para Ilmuwan

INIKECE - Dalam dunia ini setidaknya ada empat elemen utama yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, yakni api, air, tanah, dan udara. Bisa dibayangkan jika satu dari empat elemen tersebut dihilangkan, maka keseimbangan dunia tidak akan terjaga.

Mungkin di antara keempat elemen di atas, elemen api terlihat berbeda karena sifatnya yang kadang ada kadang tidak. Bisa dibilang hadirnya elemen api harus dipicu oleh suatau sebab sehingga muncu ke permukaan.

Jadi, dengan kata lain, selain ketiga elemen (udara, tanah, air), elemen api merupakan elemen yang tidak abadi.

Tapi, tahukah kamu jika ternyata ada beberapa tempat di dunia ini yang membuat elemen api ini menjadi abadi? Apa sebabnya? Nah, berikut ini ulasan tentang lima api abadi yang bisa bikin para ilmuwan penasaran!

1. Door To Hell - Derweze, Ahal, Turkmenistan


Apa jadinya jika sebuah lapangan terbuka berubah menjadi neraka bagi yang melihatnya? Adalah Door To Hell yang terletak di Derweze ( Darvaza ), Turkmenistan yang menjadi sosok mengerikan tersebut.

Ketika kamu melihatnya secara langsung, kamu akan langsung tahu kenapa tempat ini dijuluki sebagai pintu neraka. 
Kobaran api yang ada disini tidak kecil, bahkan berkobar luas hingga membentuk lingkaran besar.

Latar belakang terjadinya tempat ini adalah peristiwa kegagalan survey geografis olem tim Geologis Rusia pada tahun 1971. Awalnya, sekumpulan tim geologis dikirim oleh Uni Soviet untuk mencari gas alam. Kemudian mereka menemukan sebuah tempat yang menghasilkan hal mengerikan ini dan dilakukanlah pengeboran.

Siapa juga yang menyangka jika pengeboran tersebut menghasilkan ketidakstabilan yang menyebabkan daratan tersebut longor dan membentuk sebuah kawah. Karena takut jika gas alam tersebut membahayakan warga desa, maka para geologis membakar gas tersebut yang membuatnya menjadi api abadi hingga saat ini.

2. Burning Mountain - Wingen, New South Wales, Australia


Api abadi yang satu ini berasal dari api batubara yang terletak di bawah tanah dan terjadi akibat terkena sambaran petir.

Kurang lebih itulah asal mula kenapa api yang satu ini abadi karena tidak ada yang tahu pasti api yang berusia 6000 tahun ada hingga sekarang. Para peneliti percaya jika api batubara ini merupakan yang tertua.

Api di tempat ini terus berkobar dan meluas sebesat 1 meter tiap tahunnya. Hingga sekarang, api ini telah meluas sebesat 6km dari tempat pertama ditemukan. Mungkin bisa jadi dalam waktu yang lama api ini akan dapat menghanguskan seluruh Sydney, ibukota New South Wales.

BACA JUGA :

 > Film Hollywood Misteri Yang Wajib Ditonton!

3. Chenstnut Ridge Park - Orchard Park, New York, US 


Bisa dibilang api yang satu ini termasuk ke dalam kategori api abadi tercantik. Pasalnya api abadi ini berada di dekat air terjun, tepatnya dibelakangnya. Kerennya, api ini tetap menyalaknnya pada ribuan ribuan tahun yang lalu.

Hal yang membuat api ini unik adalah meskipun tempat ini diketahui memiliki sumber daya minyak, seperti etana propane yang tinggi, para peneliti tidak ada yang tahu kenapa api ini dapat bertahan di tempat itu hingga saat ini.

Namun, setelah diadakan penelitian lebih lanjut, ditemukan bahwa tanah tempat api itu menyala tidak cukup panas untuk menjaga kobaran api sehingga ada kemungkinan api tersebut akan padam di waktu yang akan datang.

4. Baba Gurgur - Kirkuk, Irak


Tempat ini merupakan lapangan minyak terbesar yang ada di dunia. Bertempat di Negara Irak, di tengah-tengah lapangan ini dapat kamu saksikan kobaran api yang disebut oleh masyarakat lokal dengan " Api Abadi Baba Gurgur ".

Api ini merupakan hasil dari gas alam yang keluar melalui bebatuan. Api ini menghasilkan gas sulfida hidrogen yang berbahaya sehingga para pengunjung yang penasaran diharapkan berhati-hari akan asap yang dihasilkan dari api ini. Api ini sendiri diperkirakan telah ada sejak 4000 tahun yang lalu.

Terdapat berbagai kepercayan lokal tentang api abadi ini. Salah satu yang paling terkenal adalah jika ada seorang wanita hamil datang mengunjungi api ini, maka anak yang nantinya lahir akan berjenis kelamin laki-laki.

5. Chimaera - Kumluca, Antalya, Turkey


Gunung Olympus yang ada di dekat Kota Antalya adalah rumah bagi api abadi yang satu ini. Api ini juga dikenal sebagai sumber dari mitos makhluk mitologi Yunani, Chimera.

Chimera merupakan makhluk mitologi Yunani dengan kepala menyerupai singa dan kepala kambing yang mencuat di punggunya serta berekorkan ular. Makhluk ini pun dipercaya dapat menyemburkan api.

Api abadi ini dipercaya telah berkobar sejak 2000 tahun yang lalu dan digunakan oleh para nelayan untuk menghindari bebatuan. Diyakini jika sumber utama api ini adalah gas metana yang berasal dari bebatuan sekitar.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment