Tumbuhan Ini Bisa Dimakan Untuk Bertahan Hidup, Bila Tersesat Di Hutan!

Tumbuhan Ini Bisa Dimakan Untuk Bertahan Hidup, Bila Tersesat Di Hutan!

INIKECE - Buat kamu penggiat alam bebas atau pencita alam harus bersiap untuk kemungkinan buruk. Salah satunya jika harus tersesat dihutan. Namun, jangan khawatirm hutan di Indonesia menyimpan banyak sumber daya yang bisa dimakan. Memang gak biasa kamu makan sehari-hari. Namun, tetap enak dan layak.

1. Buah Murbei (Morus), buah mirip stroberi kecil yang punya rasa manis dan kecut, tapi enak!


Buah Murbei adalah buah majemuk dengan panjang 2-3 cm. Biasa berwarna merah saat muda dan ungu tua saat masak. Buah ini biasa hidup di daerah panas sedang dan subtropis, seperti di hutan Asia, Afrika dan Amerika.

2. Cantigi Gunung ( Vaccinium varingifolium), daun dan buahnya bisa dimakan


Tumbuhan ini masih berkerabat dengan blueberry, cranberry, bilberry dan huckelberry. Cantigi gunung bisa kamu temukan banyak tumbuh di Pulau Jawa di ketinggian di atas 1.000 mdpl.

Daun cantigi gunung bisa dimakan sebagai lalapan. Buahnya berwarna kehitaman dan punya rasa yang enak dan manis, Terakhir, batangnya biasa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai arang.

3. Alang-Alang (Imperata cylindrica Raeusch), punya batang yang bisa disesap dan terasa manis


Alang-alang adalah rumput berdaun panjang dan runcing. Namun, jangan salah, tumbuhan ini bisa dimakan. Caranya dengan menyesap dan dibagian bawah dekat akar.

Kamu pun bisa mengunyahnya seperti makan tebu. Rasanya manis! Selain itu, alang-alang juga bisa digunakan sebagai obat diare dan mimisan.

BACA JUGA :

 > Kelihatan Tampang Hewan Ini Seram, Tapi Tak Seperti Kelihatannya Kok!

4. Pohpohan (Pilea melastomoides), tumbuhan yang enak buat lalapan


Familier dengan tumbuhan ini? Pohpohan biasa hidup di daerah ketinggian, tepatnya di ketinggian 700 sampai 1.70 mdpl. Itu sebabnya kamu akan menemukannya di jalur pendakian.

Daun ini bisa langsung dikonsumsi. Masyarakat Sunda pun biasa mengonsumsinya sebagai lalapan. Daun pohpohan punya rasa unik dan wangi khas. Daun ini pun berkhasiat untuk meredakan nyeri oto.

5. Kecombrang (Etlingera elatior), jenis tanaman hias pisang-pisangan yang bisa dimakan


Kecombrang adalah tanaman rempah yang biasa dijadikan tanaman hias karena terlihat cantik. Namun, tumbuhan ini bisa dimakan lho. Kamu tinggal mengupasnya. Bijinya mirip dengan jambu delima. Bahkan di beberapa daerah kecombrang biasa dijadikan campuran dalam sayur asem atau sambal matah.

6. Ceplukan (Physalis), buah unik yang tertutup kelopak bunga


Cepuklan memiliki buah kecil yang akan tertutup oleh kelopak bunga saat matang. Tumbuhan ini biasa tumbuh di tepian hutan terbuka dan terkena cahaya matahari.

7. Semanggi (Marsilea), tumbuhan dengan daun berjumlah empat yang khas


Bisa dimakan? Ya, daun semanggi bisa dimakan. Semanggi termasuk tumbuhan paku air yang biasa ditemukan di pematang sawah atau kaki gunung. Kamu bisa memasaknya layaknya sayur. Bahkan, di Surabaya semanggi biasa dijadikan pecel.

8. Rane (Selaginella), tumbuhan paku-pakuan yang bisa kamu makan


Daun rane bisa kamu temukan dengan warna hijau. Namun, kadangkala ada yang berwarna merah atau kebiru-biruan. Kamu bisa memilih rane berwarna hijau untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya kamu rebus dulu ya.

9. Lumut Hati (Marchantiophyta) yang biasa menempe di dinding batu


Lumut ini memiliki bentuk menyerupai hati sesuai namanya. Lumut ini bisa tumbuh di daratan tinggi dan basah. Kamu bisa mengomsumsinya atau sebagai obat demam.

10. Berbagai macam jamur yang lezat


Perlu kamu perhatikan bahwa gak semua jamur aman untuk dimakan. Cara membedakan jamur yang layak makan adalah yang berwarna putih dan bersih. Adapun, beberapa jamur yang bisa kamu makan, seperti jamur kancing, merang, kuping, dan tiram.

Sementara, jamur beracun biasanya berbentuk seperti payung dan rapuh, selain itu cenderung menarik dan berwarna-warni.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar