Yuk, Cari Tahu! Penyebab Kenapa Kucing Suka Menjilat Tubuhnya?

Yuk, Cari Tahu! Penyebab Kenapa Kucing Suka Menjilat Tubuhnya?

INIKECE - Bagi pecinta kucing mungkin sudah tau, kenapa kucing suka sekali menjilat tubuhnya! Tetapi untuk orang yang tidak mengetahui hal tersebut akan bertanya-tanya, kenapa kucing suka menjilat tubuhnya?

Tapi kalian tahu tidak sih, kalau dalam menjaga kebersihan pribadi, kucing patut diacungi jempol! Mereka secara alami dilengkapi dengan alat untuk merawat diri mereka sendiri. Seperti lidah berduri yang digunakan untuk menjilat.

Kaki depan mereka yang dibasahi denagn air liur bisa digunakan seperti kain lap, dan gigi untuk mengambil kotoran yang lebih keras.

Percaya atau tidak, kucing dewasa bisa menghabiskan setengah dari waktu terjaga untuk membersihkan diri, keluarga, dan teman mereka.

 - Awal Mula Kucing Membersihkan Diri Sendiri

Ibu-ibu kucing mulai menjilati anak-anak kucing mereka tepat setelah melahirkan. Menjilati anak-anak kucing bertujuan untuk membersihkan mereka, memancing mereka untuk mengeluarkan air seni serta kotoran, membangunakn mereka untuk menyusu, dan membersihkan kenyamanan.

Anak-anak kucing biasanya mulai membersihkan diri mereka sendiri ketika mereka berusia sekitar 4 minggu.

Pada usia 5 minggu, anak-anak kucing juga mulai membersihkan teman-teman mereka, serta ibu mereka.

Membersihkan diri secara bersama-sama diantara saudara sekandung biasa disebut allogrooming, dan biasanya hal ini berlanjut hingga dewasa.

Allogrooming adalah kegiatan sosial yang berfungsi untuk memperkuat ikatan antara kucing.

 - Pola Menjilat


Jika kita pernah melihat kucing menjilati wajahnya, kita mungkin memperhatikan cara yang sangat umum mereka lakukan yaitu dengan menjilat satu kaki, kemudian menggunakan gerakan melingkat keatas, kucing mulai menggosok hidungnya dengan cakarnya dari belakang ke depan.

Kucing kemudian akan mengoleskan air liur ke kaki itu dan menggunakan gerakan setengah lingkaran, menjilat bagian belakang telinga, dahi, dan di atas mata.

Setelah selesai dengan satu sisi, proses diulangi dengan kaki lainnya ke sisi lain kepala. Setelah kepala bersih, kucing akan mengelus kaki depan, bahu, kaki berlakang, dan ekor dengan sapuan lidah yang panjang.

Urutan bagian-bagian tubuh dapat bervariasi dan tidak semua area ini harus dibersihkan dalam satu waktu.

BACA JUGA : 

Berkumpul Dengan Beruang! Bocah 3 Tahun Ini Sempat Hilang Di Hutan Dan Ditemukan Hidup!

 - Membersihkan Diri Yang Berlebihan

Tidak mengherankan bagi siapa pun bahwa membersihkan diri memiliki manfaat higienis. Ini membantu menghilangkan parasit, menjaga bulu kucing tetap bersih dan halus, mendinginkan kucing melalui penguapan air liur, dan memancing kelenjar yang menempel pada akar rambut yang mengeluarkan zat-zat untuk menjaga rambut tetap kedap air.

Selain bersih, perawatan diri sendiri oleh kucing juga dapat memiliki manfaat psikologis. Kucing membersihkan dirinya untuk mengurangi konflik, frustasi, atau kecemasan sementara.

Membersihkan diri berlebihan, dalam bentuk menjilati berlebihan, menggigit, mengunyah, atau mengisap kulit, tanpa sebab media yang mendasarinya, biasanya merupakan indikasi stres.

Penyebab umum kucing stres adalah ketakutan, kuranya stimulasi, isolasi, hewan peliharaan baru dalam rumah, pindah ke rumah baru, berpisah, atau dalam beberapa kasus bisa disebabkan oleh menyapih lebih awal.

Membersihkan diri yang berlebihan menjadi bermasalah ketika mengakibatkan cedera yang diakibatkan sendiri seperti penipisan bulu, infeksi kulit, dan lain-lain.

Dalam beberapa kasus, membersihkan diri yang berlebihan dapat dimulai sebagai respons terhadap iritasi kulit (kuku, alergi, infeksi), tetapi dapat meningkat menjadi sebuah kebiasaan meskipun telah sembuh.

 - Apa Artinya Jika Kucing Menjilatmu?


Kucing adalah hewan sosial. Mereka menjilat orang-orang sebagai ungkapan kasih sayang dan kepercayaan.

Cara mereka menjilat kita sama saat mereka menjilat saudara dan ibu mereka. Mereka juga biasanya menjilat untuk merasakan zat apa pun yang ada di kulit kita
Reactions:

0 comments:

Post a Comment