Cari Tahu! Alasan Kenapa 30 FPS di PS4 Dan Konsol Lebih Smooth Dari PC?

Cari Tahu! Alasan Kenapa 30 FPS di PS4 Dan Konsol Lebih Smooth Dari PC?

INIKECE - Jika kamu mengaku gamer, pasti sering mendengar istilah FPS (Frame Per Second). Memang FPS sangat berperan penting dalam mengukur tingkat ke-smooth-an sebuah game, contohnya 30 FPS dan 60 FPS.

Nah, walaupun begitu masih banyak yang bertanya, kenapa 30 FPS pada konsol game seperti PlayStation 4 jauh lebih smooth dibanding saat dimainkan di PC. Berikut ulasannya!

Jika kamu perhatikan, pada umumnya game yang dimainkan pada konsol mengunci setting untuk mengatur kualitas grafis dan hanya bisa 30 FPS. Kenapa ya?

Sebelum kamu mengetahui alasannya, ada baiknya kamu memahami perbedaan 30 FPS dan 60 FPS pada artikel berikut ini, 

1. Kebiasaan Penggunaan dan Jarak Layar

Permata coba kamu perhatikan dari kebiasaan saat bermain game. Saat bermain konsol, jarak kamu ke layar umumnya akan lebih jauh karena kamu bisa bermain menggunakan kontroller yang kini sudah wireless.


Sementara itu, untuk para gamer PC kamu akan lebih memilih untuk duduk di kursi dengan jarak pandang mata dengan layar lebih dekat dibanding saat bermain dengan konsol.

Nah, dengan jarak yang lebih dekat, mata akan lebih jeli saat menangkap kesan tidak smooth dan lag yang dihasilkan oleh game saat dimainkan di PC.

Padahal keduanya baik konsol maupun PC berjalan di FPS yang sama, yakni sekitar 30 FPS.

2. Analog Gamepad Memiliki Keterbatasan Gerak


Saat bermain game dengan menggunakan gamepad, sebenarnya kamu akan memiliki lebih keterbatasan gerak sehingga perpindahan gambar juga semakin lambat.

Sementara itu saat kamu bermain menggunakan keyboard dan mouse di PC, kamu bakal memiliki gerakan yang lebih bebas, cepat dan lebih akurat dibanding gamepad.

Mata manusia akan lebih mudah menangkap delay dan lag yang terjadi, ditambah jarak layar atau monitar PC yang juga lebih dekat.


3. Game Konsol Lebih Banyak Motion Blur

Seperti diulas di atas, umumnya game konsol mengunci setting pada 30 FPS dan kamu tidak bisa mengatur pengaturan lain sebebas PC gaming.


Dan untuk menambah kesan smooth saat bermain game, pada umumnya game konsol juga menambah lebih banyak motion blur dan kemungkinan juga menghilangkan V-sync dan anti-aliasing.

Apalagi pada umumnya, game konsol hanya bisa kamu mainkan di setting High. Dimana pada PC gaming hardcore, kamu bisa meningkatkan lagi ke setting Ultra untuk kualitas grafis yang lebih real.

Begini Cara Membuat Game 30 FPS Di PC Tampak Lebih Smooth

Lalu bagimana jika kamu hendak membuat tampilan yang lebih smooth di PC walau dimainkan di setting 30 FPS? Bisa dan mudah banget!

Pertama, kamu bisa memainkan dengan jarak layar lebih jauh misal menyambungkan dengan TV dan memainkan game dengan kontroleer dan meningkatkan setting motion blur.

Kedua kamu juga bisa mengkalinya dengan menggunakan software pihak ketiga seperti RTSS (RivaTuner Statistics Server) yang tutorialnya bisa dilihat pada video di bawah ini.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment