Traveling Bareng Sahabat Sangat Menyenangkan! Ini Alasannya

Traveling Bareng Sahabat Sangat Menyenangkan! Ini Alasannya

INIKECE - Traveling dengan pacar atau pasangan memang menyenangkan dan tentunya punya dampak baik dalam hubungamu, Tapi bukan berarti kamu melupakan sahabat-sahabatmu. Menurut sebuah penelitian, persahabatan dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan seseorang.

Mulai dari memperpanjang harapan hidup, menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung, hingga mengurangi rasa sakit. Pasalnya, menurut para psikolog, jaringan pertemanan dan sosial seseorang dapat memberikan tubuh rasa kebal yang lebih tinggi sehingga bisa membuat tubuh lebih kuat menghadapi rasa sakit.


Psikolog William Chopik dari Michigan State University menuturkan bahwa persahabatan memiliki pengaruh yang lebih besar bagi kesehatan dan kebahagian seseorang.

Jadi ada baiknya, jika kamu meluangkan waktu untuk traveling bersama dengan teman-teman. Sebab, kamu jadi punya waktu khusus yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama.

Melakukan kebiasaan lama yang disuka, dan meningkatkan ikatan antara kamu dengan sahabat. Lebih baik lagi jika kamu bisa membuat jaringan pertemanan atau persahabatan baru saat sedang traveling.


Tidak hanya itu saja, traveling bersama teman juga mampu membantumu dalam berkoordinasi, meningkatkan toleransi, kerja sama, serta tidak mudah menyerah. 

Yang membuat traveling bersama sahabat jadi lebih baik dan menyenangkan lagi adalah karena kamu bisa saling berbagi dalam perjalanan, sehingga tak mesti mengeluarkan bujet yang terlalu mahal.


Namun di luar semua itu, ada hal besar yang memang menjadi dampak positif tidak langsung dari traveling bersama teman, yaitu ikatan persahabatan yang kuat.

Dilansir Travel and Leisure, pada tahun 2016 silam, para peneliti menemukan bukti bahwa meluangkan waktu untuk jalan-jalan dengan teman bisa meningkatkan produksi oksitosin, yaitu sebauh hormon yang dapat memberikan rasa bahagia, sama seperti saat kamu mendapat pelukan hangat.

Hormon oksitosin juga dapat membuat seseorang jadi lebih percaya diri, lebih murah hati, lebih ramah, dan lebih mudah dalam mencari teman baru. Sebaliknya, orang-orang yang tidak memiliki persahabatan yang kuat, cenderung lebih mudah tertekan, mengalami penurunan kognitif pada kemudian hari, dan parahnya lagi, bisa meningkatkan peluang mati muda.


Karena kurangnya ikatan sosial yang kuat dalam kehidupan seseorang dapat meningkatkan resiko kematian dini hingga 50 persen. Efek sama yang bisa didapat dengan mengonsumsi rokok hingga 15 batang dalam sehari. Apalagi orang-orang yang kesepian juga memiliki resiko demensia yang lebih tinggi.

Mungkin di antara kamu ada yang memiliki banyak teman, tapi merasa bingung untuk mempertahankan tali persahabatan itu karena berbagai hal. Tidak perlu takut, karena kamu bisa memilih orang-orang yang tepat dan positif. Sehingga kamu bisa mendapat dan menyebarkan aura positif yang mampu membuatmu bahagia.
Reactions:

1 comment: