Viral! Ia Menangis, Ikan Ini Mirip Dengan Lumba-Lumba

Viral! Ia Menangis, Ikan Ini Mirip Dengan Lumba-Lumba

INIKECE - Baru-baru ini menjadi viral karena seekor ikan yang mirip dengan lumba-lumba di jual ke pasar, dan terlihat ikan tersebut menangis mengeluarkan air mata nya. ternyata ikan spesies ini sudah terancam punah keberadaannya.

Banyak sekali spesies ikan yang kini sudah masuk daftar kondisi langka, bahkan terancam punah. Salah satu nya adalah Porpoise, spesies ikan yang mirip dengan lumba-lumba ini, merupakan satu famili dengan lumba-lumba.

Seperti halnya lumba-lumba, Porpoise juga sering diperjualbelikan, meski spesies mereka kini jumlahnya semakin berkurang dan terancam mengalami kepunahan. 

Baru-baru ini, terdapat cerita penyelamatan seekor ikan Porpoise di Xuwen, China Selatan, viral di dunia maya. Diketahui ikan tersebut berhasil diselamatkan dari perdagangan, setelah dua orang saksi melihat ikan itu menangis.

Mamalia pintar itu diketahui berlinang air mata, saat dibawa dengan menggunakan kendaraan roda tiga di sebuah pasar.

Melihat kondisi itu, dua saksi mata, yakni Cheng Mingyue dan Cheng Jianzhuangpun tersentuh dengan penderitaan ikan tersebut. Mereka lantas menyelamatkan nya dengan membayar uang sebesar 170 Pondstering atau setara dengan Rp 3,1 juta kepada penjualnya.




Dilansir dari laman Metro.co.uk, Sabtu 23 Februari 2019, keduanya meminjam peralatan dari penjual ikan untuk mengangkut mamalia itu ke laut. Mereka pun pergi ke perairan yang lebih dalam dan menunggu selama dua jam di lokasi untuk memastikan porpoise itu bisa berenang di laut dan kembali ke habitatnya dengan selamat.

"Kami melihat seseorang membawanya ke pasar dan banyak orang datang untuk melihatnya. Dan, semua orang menangis melihat ikan itu" kata Mingyue.


Para hali setempat mengonfirmasi kepada Mingyue dan Jianzhuang bahwa hewan yang mereka selamatkan itu adalah Porpoise, bukan lumba-lumba.

Porpoise sendiri memiliki moncong moncong dan mulut yang lebih kecil dibandingkan lumba-lumba. Sirip di penggungnya juga kurang melengkung.

Porpoise juga masuk daftar sebagai hewan yang terancam punah dan dapat ditemukan di sekitar semenanjung Korea. Atas kasus tersebut, pihak setempatpun melakukan investigasi terhadap nelayan yang menangkap hewan yang terancam punah tersebut.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment