Black Hole? Objek Yang Suka Menelan Obyek Di Luar Angkasa

Black Hole? Objek Yang Suka Menelan Obyek Di Luar Angkasa

INIKECE - Sebenarnya kalian tahu nggak sih, apa itu Black Hole sebenarnya? Di malam hari akan terlihat begitu gelap, dimana ada pencahayaan bintang. Tetapi dibalik itu semua di langit teratas ada objek yang misterius.

Sebuah objek yang dimana suka menghisap atau menelan benda-benda yang ada disekitarnya. Objek ini disebut sebagai Black Hole, sebuah objek yang berada diseluruh alam semesta yang masih misterius sampai sekarang.

* Apa Sih Itu Black Hole?


Black Hole ini, ditemukan oleh seorang astronom, bernama John Wheeler pada tahun 1971. Namun, sebutan Black Hole itu sendiri digunakan pada tahun 1967.

Secara teknik, Black Hole itu sebuah ruang yang ada didalam angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat sangat kuat. Oleh sebab itu, Black Hole adalah benda ruang angkasa yang menyimpan misteri yang menarik.


Black Hole terdiri atas bagian yang disebut Singularity, dan bagian yang disebut Event Horizon. Bagian Singularity ini masih sangat misterius dan tidak diketahui apa isinya. Sedangkan Event Horizon adalah wilayah yang memiliki gaya gravitasi sangat kuat.


Karena saking kuatnya gravitasi dalam Black Hole, kadang benda-benda langit pun tak jarang yang 'tertarik' kedalamnya, termasuk cahaya, objek paling tercepat di dalam semesta kita. Karena tidak ada cahaya di sekitarnya, akibatnya Black Hole tidak dapat terlihat.


* Terlihat Hitam? Black Hole ?

Melihat dari namanya, black hole ini memanglah tidak terlihat. Namun, kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya Black Hole ini ada.

Bagimana kita bisa tahu Black Hole itu ada? Kita bisa mengetahui Black Hole dengan melihat efek dari gravitasi yang dimiliki oleh Black Hole.

Kekuatan gravitasi yang super kuat ini memiliki dampak terhadap objek yang ada disekitarnya. Saking kuatnya, gravitasi dari Black Hole ini bahkan mampu menyimpangkan cahaya. Maka daripada itu, kejadian seperti itu membuat kita dapat mendeteksi keberadaannya.


Selain itu, Black Hole juga dapat dideteksi dengan mengamati orbit objek luar angkasa. 

Black Hole ini yang seringkali memiliki orbit yang aneh. Hal ini ternyata terpengaruh oleh gravitasi Black Hole didekatnya.


* Bagaimana Jika Sampai Terhisap Ke Black Hole?

Jika itu terjadi, tidak akan kebayang apa jadinya jika terhisap oleh Black Hole ini.

Pendeknya, ketika ada sebuah benda masuk kedalam Black Hole, akan mengalami sebuah fenomena yang disebut oleh para peneliti sebagai spaghetification. 


* Bagimana Proses Terbentuknya?


Black Hole terbentuk dari bintang yang berukuran besar, yang telah kehabisan 'bahan bakarnya' Coba sekarang kalian bayangkan, ada sbeuah bintang yang sangat sangat besar. Bisa dibilang.

Besarnya 20 kali lipat dari matahari kita atau lebih, tapi kehabisan bahan bakarnya. Lama kelamaan, bintang mati ini akan runtuh pada gravitasinya sendiri. Menjadi satu titik yang dinamakan sebagai "singularity". Hingga akhirnya, terbentuklah sebuah benda-benda yang kita kenal sebagai Black Hole.

* Fakta Unik Tentang Black Hole

Black Hole ini meskipun terdengarnya menyeramkan, karena gelap dan suka menelan benda-benda langit. Namun, dibaliknya masih menyimpan fakta-fakta yang menarik.

Secara matematis, segala hal di dunia ini, dapat menjadi Black Hole. Termasuk diri kita sendiri. Gimana caranya kita bisa jadi Black Hole? Singkatnya, caranya adalah dengan memadatkan diri kita kemudian diasumsikan massa tubuh kita adalah 70 kilogram, kemudian diubah menjadi 1 Yoctometer. Ini kecil banget. Yang pastinya sangat sangat kecil, kita telah menjadi Black Hole.

Begitu juga jika kita memadatkan Bumi kita, jadi kira-kira sebesar kacang, ia juga akan menjadi Black Hole.

Tapi jangan khawatir, secara alami, kita tidak mungkin jadi Black Hole, karena massa kita yang terlalu kecil. Ada fakta yang lebih unik lagi, yaitu matahari kita sendiri, ternyata tak punya massa yang cukup, untuk menjadi Black Hole!


Ternyata, alam semesta kita menyiman hal-hal yang penuh misteri. Jadi, mudah-mudahan tulisan ini membuat kalian terpukau dan penasaran pada alam semesta kita yang menakjubkan dan penuh misteri ini. Dan semoga juga tulisan ini nggak akan menghisap kouta internet seperti layaknya tarikan Black Hole.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment