Cari Tahu Yuk! Sistem Tata Surya, Planet Kecil Yang Belum Banyak Diketahui

Cari Tahu Yuk! Sistem Tata Surya, Planet Kecil Yang Belum Banyak Diketahui

INIKECE - Selain delapan planet yang sering kita pelajari, ada juga planet kecil dari sistem tata surya. Planet kecil juga dikenal dengan sebutan planet katai atau planet kurcaci.

Planet kecil ini, memang jarang atau banyak orang yang tidak mengetahuinya karena ukurannya yang kecil.

 * Menurut NASA, planet kecil ini adalah benda langit berbentuk bulat dan juga mengorbit matahari seperti delapan planet lainnya. Namun, tidak seperti planet pada umumnya, planet kecil ini tidak bisa " membersihkan" orbitnya.

Perjalanan planet kecil ini, saat mengitari matahari tidak semulus planet di tata surya. Di orbit planet kecil ini ada benda-benda lainnya. Misalnya seprti asteroid. Ukuran planet kecil ini juga tidak sebesar planet. Namun ia lebih besar dari benda langit lain seperti asteroid.

Jadi, yang membedakan planet biasa dan planet kerdil adalah ukurannya dan keadaan orbitnya. 

1. Planet Pluto


Nama Pluto berasal dari nama dewa Romawi yang menjaga neraka. Pluto dulunya termasuk ke dalam planet. Namun karena ciri di atas, ilmuwan mengelompokkannya dalam kategori planet kecil.

Pluto letaknya ada di dekat Neptunus, karena letaknya jauh dari matahari, Pluto jadi salah satu tempat terdingin di tata surya. Suhu bisa mencapai -225 derajat Celcius.

2. Planet Ceres


Planet Ceres ditemukan jauh sebelum Pluto. Ia disebut sebagai planet embrio. Nama ceres diambil dari nama dewi jagung dan panen di Romawi.

Ceres merupakan planet paling kecil di antara lima planet kecil di tata surya. Planet Ceres adalah planet yang hangat pertama yang didatangi oleh peralatan antariksa.

3. Planet Eris


Planet Eris merupakan planet kecil berukuran paling besar dalam tata surya. Ia juga punya bulan kecil yang bernama dysnomia.

Planet kecil ini juga dingin dan permukaannya memantulkan sinar matahari seperti lapisan salju. Nama Eris ini diambil dari dewi perselisihan dari Yunani.

4. Planet Makemake


Awalnya, planet kecil ini dinamai 'Kelinci Paskah'. Karena ditemukan disaat masa Pasakah, tepatnya ditahun 2005.

Nama Makemake ini merupakan nama dewi kesuburan dan kelahiran dalam mitologi Rapanui. 

Makemake sangat terang karena diatasnya ada banyak es yang berkilauan. Jika dilihat menggunakan teleskop, Makemake terlihat berwarna merah muda.

5. Planet Haumea


Planet Haumea adalah nama dewi kesuburan dan kelahiran di Hawaii.

Planet kecil ini punya bentuk yang unik dan tidak seperti bola, layaknya planet kecil lainnya. Bentuk planet kecil Haumea lebih mirip oval seperti telur. 

Haumea ini berotasi sangat cepat. Satu hari di planet ini hanya empat jam saja. Kemungkinan, kecepatannya ini disebabkan oleh tabrakan dengan benda langit di masa lalu.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment