Cari Tau Yuk! Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa "Internasional"?

Cari Tau Yuk! Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa "Internasional"?

INIKECE - Yang diketahui bahwa penggunaan Bahasa Inggris sudah sangat mendunia. Penggunaan bahasa yang satu ini. Bahkan kita mengenal bahasa Jaksel, yang dipake untuk campuran lagi berkomunasi, atau buat update status di sosial media.

Bahkan bukan cuma begitu saja, Bahasa Inggris juga dipajang di papan iklan, mau jalan-jalan, buat kerja atau sekolah juga dibiasain memakai Bahasa Inggris.


Meskipun itu bukan bahasa pertama kita, tapi aneh rasanya kalau sekarang nggak bisa pakai Bahasa Inggris. Tapi, kenapa yang Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional? Kenapa bukan Bahasa Indonesia, Jawa, atau Minang saja?

 * Dimana dan Kapan Saja, Selalu Ada Penggunaan Bahasa Inggris


Memang, kalau di hidup era sekarang, kita udah dibiasain buat memakai Bahasa Inggris. Tapi, ternyata bukan cuma kita saja, tapi ada sekitar 100 negara di dunia, kini mengakui Bahasa Inggris, sebagai bahasa utama atau kedua di negaranya. 

Bahasa ini dipakai buat sistem pemerintahan, buat ngebisnis, sekolah, dan jalan-jalan, bahkan sampai buat hiburan seperti musik, film, serial televisi yang menggunakan bahasa Inggris.

Oleh karenanya, banyak dari kita kemudian belajar Bahasa Inggris agar bisa mengerti pembicaraan banyak orang di dunia. Yes, English is a must. Begitulah kira-kira, tapi kenapa ya harus Bahasa Inggris


Sebenarnya, banyak bahasa lain yang dipakai misalnya Mandarin atau Bahasa Perancis. Cuma kedua bahasa ini cuma di pakai secara resmi hanya untuk kebutuhan tertentu saja.

Berbeda dengan Bahasa Inggris yang dipakai hampir diseluruh bidang kehidupan, terutama ekonomi dan politik. Punya bahasa global ini membawa keuntungan. Yang dimana terpilih Bahasa Inggris dan ini sudah berlangsung lama.


Jika ditelisik dari sejarahnya, sejak zaman Romawi Kuno, kita telah menyadari diperlukannya satu bahasa umum yang bisa dimengerti oleh banyak orang atau disebt sebagai Lingua Franca.

Dalam sejarahnya sendiri, Lingua Franca, sempat berganti-ganti tiap masanya. Begitu juga dengan Bahasa Inggris yang memiliki sejarah cukup panjang uintuk menjadi Lingua Franca.


 * Bahasa Inggris = Bahasa Internasional


Menjadi Bahasa International, ternyata mempunyai perjalanan yang cukup panjang. Pendeknya, dua faktor besar mempengaruhi bagimana bahasa Inggris bisa menjadi bahasa "Internasioanl" yang pertama adalah kolonialisasi Inggris dan kedua adala globalisasi.

Pertama, Kolonialisasi yang dilakukan oleh Inggris. Setelah era revolusi industri, Kerjaan Inggris menjadi negara dengan teknologi dan militer paling maju di dunia. Keadaan ini membuat Inggris menjadi negara dengan jumlah wilayah jajahan terluas dan menjadikan bahasanya paling banyak digunakan di dunia.


Faktor yang tidak hanya dari negara Inggris saja, tetapi awal pada abad ke 20, negara berbahasa Inggris lain, yaitu Amerika Serikat, muncul sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Singkatnya, kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang sangat besar.

Memaksa negara-negara lain di dunia, untuk menggunakan Dollar dan tentunya berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Dan para perusahaan pun menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dalam dunia bisnis. Pendeknya, kekuatan Amerika Serikat ini jadi faktor kedua kenapa Bahasa Inggris jadi Bahasa Internasional. Perlu diinginat juga, kalau Amerika Serikat juga bagian dari koloni Inggris, so negara ini juga memakai Bahasa Inggris.

Fenomena Globalisasi juga ikut memperkokoh posisi Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Pada era globalisasi, banyak perusahaan dan media asing, terutama dari Amerika Serikat, mendirikan kantornya di negara lain. Akibatnya, banyak dari kita yang belajar bahasa Inggris agar bisa diterima bekerja di perusahaan asing tersebut, yang tentunya menjanjikan gaji yang cukup besar.


Selain itu, siaran media asing berbahasa Inggris yang makin sering kita dengar dan lihat membuat kita ikut terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. Nggak cuma di dunia bisnis dan media aja, Bahasa Inggris juga digunakan dalam dunia perjalanan seperti penerbangan, serta sains dan teknologi. Banyak buku-buku atau bahan ilmiah yang ngengunain Bahasa Inggris.

Selain itu, Bahasa Inggris juga dipakai sebagai bahasa resmi oleh organisasi Internasional, seperti Unesco, Unicef, dan lain-lain. Meskipun, ada bahasa resmi lain seperti Mandarin atau Perancis.

Namun, bahasa Inggris jadi bahasa resmi utama. Jadi, gampangnya, Bahasa Inggris bisa 'menembus' batasan-batasan negara. Bahkan, kalau mau ada kerja sama antar negara, pasti diskusinya pakai Bahasa Inggris.

 * Mengapa Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris diprediksikan akan tetap menjadi Bahasa Internasional hingga berpuluh-puluhan tahun ke depan. Pada tahun 2050, India diprediksikan akan menjadi negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, mengalahkan Republik Tiongkok. 

Hingga kini, India menjadi bahasa Hindi dan Inggris sebagai bahasa resmi negaranya. Akibatnya, pengaruh negara ini kedepannya akan ikut memperkuat Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Pertanyaannya, mengapa Bahasa Inggris? Pendeknya, bahasanya cukup simpel. nggak ada aturan misalnya pembedaan kata berdasarkan gender, cara ngomongnya dan ngga pakai tanda baca yang ribet. Karena hal ini juga, ngebikin banyak negara akhirnya ikut memakai bahasa Inggris.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment