Di Anugrahi Dari Guinnes World Records! Sebagai Nenek Tertua Di Dunia, Asal Jepang

Di Anugrahi Dari Guinnes World Records! Sebagai Nenek Tertua Di Dunia, Asal Jepang

INIKECE - Nenek asal Jepang diberikan anugrah sebagai Nenek Tertua Di Dunia, dari catat perihal rekor manusia tertua yang masih hidup di muka bumi ini kembali diperbaharui. Kali ini gelar tersebut ditahbiskan kepada seorang wanita berusia 116 tahun 28 hari berkebangsaan Jepang.

Gunness World Records, badan Internasional pencatat pencapaian rekor, turur mengakui keabsahan klaim tersebut.

Seremoni penyerahan sertifikat kepada Kane Tanaka, sang manusia tertua, dilakukan pada Sabtu (9/3/2019) disebuah upacara di panti jompo yang terletak di kota Fukuoka, Jepang Barat daya, tempatnya tinggal saat ini. Acara tersebut turut dihadiri oleh walikota, kerabat dekat serta sanak saudara Tanaka.

1. Kane Tanak Saat Diberikan Serifikat Oleh Pihak Guinness World Records


Menurut informasi yang dikumpulkan oleh The Guardian, Kane Tanaka lahir pada 2 Januari 1903, sebagai anak ketujuh dari delapan bersaudara. 

Dia menikah dengan Hideo Tanaka, yang berasal dari keluarga pengusaha makanan ringan, pada tahun 1922. Dari pernikahan tersebut, lahir empat orang anak ditambah satu lagi yang berstatus adopsi.

Di panti jompo, dirinya tetap menjaga pola hidup sehat seperti bangun pada jam 6 pagi. Selain itu,  Tanaka disebut menghabiskan waktu dengan belajar matematika serta amat menggemari permainan papan seperti Othello. Ia bahkan sering mengalahkan staf panti jompo yang coba menjajal kemampuannya.

2.  Sebuah Poret Hitam Putih Menunjukkan Tanaka ( Duduk Di Tengah ) Bersama Para Saudaranya


Rekor sebelumnya digenggam oleh orang Jepang lain, Chiyo Miyako, nenek yang mengkat pada bulan Juli tahun lalu dalam usia 117. 

Catatan perihal orang tertua yang pernah hidup masih menjadi milik Jeanne Louise Calment. Wanita berkebangsaan Prancis tersebut hidup sampai 122 tahun dan 164 hari. Jeanne lahir pada 21 Feruari 1875, dan mangkat di kota Arles, Prancis Selatan pada 4 Agustus 1997.


Lebih jauh pihak GWR masih mendalami klaim rekor lainnya. Masazo Nonaka, seorang kakek yang hidup di utara pulau Hokkaido Jepang paling utara Jepang di Hokkaido.

Disebut-sebut sebagai kandidat pasti pria tertua. Namun, Nonaka sudah wafat pada Januari kemarin di usia 113 tahun dan 179 hari.

3. Tradisi kuliner Jepang nan Sehat Disebut Jadi Salah Satu Faktor Utama Panjangnya Usia Lansia


Kendati sempat menjalani sejumlah operasi, seperti katarak dan satu lagi kanker usus, Tanaka tak lagi mengalami kendala kesehatan apapun sejak hidup di panti jompo.

Jepang memang acapkali mendominasi daftar orang tertua di dunia. Menurut The Independent, ini adalah hasil dari tradisi kuliner turun-temurun yang bertumpu pada olahan sehat seperti ikan, nasi, sayuran, dan makanan lain yang rendah lemak.

Lebih jauh, penduduk Jepang masih memegang teguh tradisi menghormati umur dan para orang tua. Oleh karenanya, para lansia di atas usia 80-an yang masih aktif bekerja meski hanya paruh waktu, contohnya sebagai kasir toko. 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment