Kenali Manfaat Dan Khasiat Yang Terdapat Pada Ikan Tongkol!

Kenali Manfaat Dan Khasiat Yang Terdapat Pada Ikan Tongkol!

INIKECE - Ikan Tongkol sudah sering orang Indonesia memakan ikan tersebut. Ikan Tongkol sendiri termasuk jenis ikan yang mudah didapatkan dan juga murah harganya.

Ikan Tongkol dengan nama latin Euthynnus Affinis ini memiliki warna yang agak gelap dan bentuk yang langsing. Panjanga dari ikan ini sekitar 60 sentimeter dengan warna punggung kebiruan, gelap, dan agak metalik.

Selain itu, terdapat pola garis-garis yang unik seperti coretan miring pada badan ikan tongkol. Ikan ini banyak ditemukan diperairan Samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya.

Tongkol juga dikenal dalam perdagangan internasional dengan julukan kawakawa, little tuna, mackerel tuna, atau false albacore.

Ikan tongkol ini merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. 
  • Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan
1. Kaya Vitamin dan Mineral

Satu ikan Tongkol sebanyak 150 gram, ada beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Diantaranya 179 kalori, 1 gram lemak, 46 mg kolestrol, 521 mg natrium, 38 gram protein, vitamin A 2%, vitamin C 2%, kalsium 2%, dan zat besi 13%.

2. Berprotein Tinggi

Seperti yang disebutkan di atas, pada 150 gram ikan Tongkol mengandung 39 gram protein. Ikan tongkol mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat dijadikan alternatif sumber protein hewani yang terjangkau alias murah meriah untuk makanan sehari-hari.

Dengan kandungan protein seperti itu sudah mampu mencukupi kebutuhan protein harian tubuh kita. Protein penting untuk memperbaiki sel serta jaringan yang rusak, meningkatkan sistem imun, dan menguatkan tulang serta otot.

Selain itu juga bagus untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan otot tubuh. Namun, jika tubuh kekurangan protein bisa memperlambat pemyembuhan luka, kurangnya daya tahan tubuh, dan tubuh akan kurang energi sehingga cepat merasa lelah.

3. Menjaga Kadar Elektrolit Tubuh

Makan ikan tongkol dapat membantu tubuh terhindar dari masalah hiponatremia alias kadar natrium rendah. Apabila kadar natrium rendah, maka tubuh akan rentah mengalami dehidrasi, muntah, dan diare.

Natrium baik untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, berperan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot normal.

4. Meningkatkan Kesehatan Kelenjar Tiroid

Fungsi kelenjar tiroid untuk mengantur metabolisme, menghasilkan hormon, dan mempertahankan energi tubuh. Apabila kesehatan kelenjar tiroid ini terganggu, maka akan menyebabkan perubahan berat badan drastis dan perubahan buang air besar.

Oleh karena itu, daging ikan tongkol baik untuk mencegah gangguan kesehatan pada kelenjar tiroid

5. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Selain vitamin dan mineral yang sudah disebuatkan sebelumnya, ikan tongkol juga mengandung asam omega-3 dan niacin.

Asam omega 3 dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat melindungi dari masalah kesehatan mental. Sedangkan, niacin merupakan mineral yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

6. Kaya Akan Antioksidan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam World Jounal Of Biological Chemistry, ikan tongkol mengandung salah satu zat antioksidan, yakni selenoneine yang tinggi. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi baik untuk mencegah penyakit jantung. Diabetes, kanker, dan gangguan autoimun tertentu.

7. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan respons tubuh yang terjadi secara normal ketika sistem imun bekerja melawan virus, bakteri, infeksi, dan penyakit.

Nah, makanan ikan yang mengandung asam omega-3 dapat mempercepat proses penyembuhan atau justru mengurangi risiko penyakit yang lebih serius akibat peradangan tersebut.
  • Hindari Makan Tongkol Kalengan
Apakah dari kalian pernah atau sering mengonsumsi ikan tongkol yang dikemas kalengan? Kalau iya, sebaiknya hindari makan ikan tongkol yang sudah dikemas kalengan seperti ini. Karena ikan kalengan cenderung mengandung banyak natrium yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Maanfaat-manfaat yang terkandung dalam ikan tongkol sangatlah pernah kalian ketahui. Kalau sudah banyak tahu, jangan ragu lagi untuk rajin makan ikan karena baik untu kesehatan tubuh.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment