Manis Dan Imut! Berbagai Macam Permen Khas, Dari Beberapa Negara

Manis Dan Imut! Berbagai Macam Permen Khas, Dari Beberapa Negara

INIKECE - Siapa sih yang nggak suka dengan makanan ini yang manis serta imut - imut bentuknya. Semua orang pasti suka, terutama pada anak - anak kecil. Pastinya suka banget dengan permen - permen yang rasanya manis.

Permen sendiri begitu banyak jenisnya, dari berbagai negara di dunia ini. Permen selalu memiliki ciri khas masing - masing dari tiap negaranya.

Berikut ini beberapa perman khas dari berbagai negara yang telah di rangkum, terlihat imut dan rasa manis yang wow!

1. Permen Li Hing Mui - China


Sebenarnya permen khas dari china ini dibuat dari buah plum kering dan diberi bubuk Li Hing yang rasanya manis, asam, dan asin.

Kombinasi rasa ini menciptakan rasa yang kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan. Permen ini awalnya hanya ada di China dan beberapa negara Asia.

Kemudian pada 1900'an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke Hawai oleh seorang imigran Asia yang bernama Yee sheong.

2. Permen Nougat - Perancis


Jika berkunjung ke negara Perancis jangan lupa untuk mencicipi permen traditional bernama Nougat ini.

Permen ini diolah menggunakan gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut ditambah buah-buahan kering lainnya.

Tekstur Nougat berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan Nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk-kriuk saat dikunyah.

3. Permen Turkish Delight - Turki


Turkish Delight merupakan permen khas Turki yang sudah diproduksi sejak abad ke-15. Permen ini memiliki tekstur yang lembut dan lengket mirip dengan jeli ditambah potongan kecil kacang-kacangan seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula harus di sekelilingnya.

Sebenarnya permen ini memiliki nama asli yakni Lokum atau Cyprus Delight. Permen ini menjadi semakin populer sejak adanya adegan film The Chronicles of Narnia, dimana Edmund berterus terang kepada White Witch bahwa permen kesukaanya adalah Turkish Delight.

4. Permen Gummy Bear - Jerman


Gummy Bear diciptakan oleh Hans Riegel dari Kota Bonn di Jerman pada 1992. Permen ini memiliki nama asli Gummibar atau Gummibarchen yang dalam bahasa Inggris menjadi Gummy Bear.

Permen ini juga populer di Amerika Serikat dengan lima rasa khas yaitu rapsberry (warna merah), jeruk (warna orange), stroberi (warna hijau), nanas dan lemon (warna kuning).


5. Permen Jahe - Indonesia


Permen Jahe memang merupakan permen yang tergolong kuno dan berasal dari Indonesia. Permen ini ada sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan sudah tercatat di dalam buku Island of Java Karya John Joseph Stockdale.

Pelacong berkebangsaan Inggris menyebutkan, pada 1778 Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kg) produk yang disebut candied ginger dari Batavia ke Eropa.

Selain lezat, permen ini dianggap dapat menyembuhkan kembung atau dalam istilah imliah disebut flatulensi dan menyegarkan tenggorokan.

6. Permen Botan Rice Candy - Jepang


Botan Rice Candy sangat lembut, kenyal, rasanya seperti jeruk lemon dan dilapisi kertas pembungkus beras.

Permen ini seperti plastik dan kering, tetapi jika sudah dimakan permen tersebut akan mencair di mulut. Ini adalah permen tradisional Jepang, dan saat ini sudah diimpor ke Amerika Utara dari Jepang oleh JFC International.

7. Permen Brigadeiro - Brazil


nama Brigadeiro diambil dari seorang nama jenderal angkatan udara Brazil pada 1940'an Brigadier Eduardo Gomez.

Kono ketika permen ini pertama kali diciptakan, Brigadir Eduardo Gomez sangat terkenal karena berhasil membasmi pemberontak. Maka permen ini diberi nama sesuai sang jenderal untuk menghormati jasanya.

Rasanya yang enak dan bentuknya yang menarik membuat permen ini sering menjadi hiasan pada kue dan es krim.

8. Permen Canadian Maple Candy - Kanada


Permen ini terbuat dari sirup maple, dibuat secara tradisional di rumah dan sudah jadi budaya bagi mereka. Permen Maple Kanada ini mempunyai bermacam-macam istilah seperti "Mapple Taffy" atau "Sugar on Snow".

Nama yang unik ini dinamakan seperti itu karena permen ini sendiri terbuat dari sirup maple yang direbus sampai mengental dan terakhir dituang di atas salju bersih.

9. Permen Bbopki - Korea Selatan


Permen tradisional dari negara Korea Selatan ini terbuat dari gula yang dikaramelkan dan baking soda.

Bbopki biasanya dibentuk jadi bulat dan dicetak ke tongkat seperti lollypop. Permen ini biasanya dijual di jalan kota-kota di Korea.

10. Permen Calaveras De Azucar - Meksiko


Permen tengkorak kecil ini terbuat dari gula dan biasanya dihias dengan warna yang meriah, dan biasanya dibuat untuk perayaan keagamaan khusus.

Penduduk menempatkan permen ini dikuburan orang-orang yang sudah meninggal pada acara Dia De Los Muertos ( Hari Orang Meninggal ) untuk memperingati hidup mereka.

Dikarenakan dekorasi yang begitu besar sehingga banyak orang menganggap permen tersebut adalah karya seni.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment