Penggunaan Bahasa Tertua Yang Masih Digunakan Di Dunia, Simak!

Penggunaan Bahasa Tertua Yang Masih Digunakan Di Dunia, Simak!

INIKECE - Bahasa yang digunakan tiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda, baik dalam tulisan maupun ucapan. Bagi seorang traveler, suka menjadikan ini sebagai tantangan, karena mengunjungi beberapa negara dengan bahasa mereka yang berbeda.

Walau terlihat sulit bagi sebagian orang, ternyata ada pula yang menganggap perbedaan bahasa bukanlah hal yang berarti. Di antara begitu banyak bahasa di Dunia yang bisa kamui temui ketika berpetualangan di negara orang.

Dari negara-negara di Dunia, ada beberapa negara yang masih menggunakan Bahasa yang dianggap sudah sangat Tua, akan tetapi tetap masih eksis di masa sekarang.

1. Bahasa Ibrani


Awalnya, bahasa Ibrani bukanlah bahasa yang resmi digunakan secara umum oleh penduduk Israel untuk berkomunikasi pada kisaran tahun 400 Masehi.

Namun, akhirnya bahasa ini dijadikan sebagai bahasa liturgi untuk masyarakat Yahudi di seluruh dunia dan menjadi salah satu bahasa resmi pada abad ke-19 dan 20, tepatnya setelah perang dunia kedua.

Meski menurut perkiraan bahasa Ibrani baru digunakan selama 5000 tahun terakhir, Taleninstituut Nederland dalam laman resminya mengungkapnya bahwa menurut peninggalan tertulis yang ada, bahasa Ibrani sudah digunakan sejak 1000 SM.

Meski bahasa Ibrani modern memiliki beberapa perbedaan dengan bahasa aslinya, para penutur asli masih tetap dapat memahaminya. Hingga saat ini, bahasa Ibrani masih digunakan, dan diperkirakan ada sekitar sembilan juta orang yang menjadi penutur bahasa Semitik dari cabang rumpun bahasa Afro - Asia tersebut.

2. Bahasa Tamil


Dituturkan oleh sekitar 78 juta orang di dunia serta diakui sebagai bahasa resmi di Sri Lanka dan Singapura, bahasa Tamil merupakan satu-satunya bahasa klasik yang dapat bertahan hingga ke masa modern.

Para peneliti menemukan prasasti dalam bahasa Tamil yang berasal dari abad 300 SM. Namun, berdasarkan bukti lain, para ilmuwan percaya bahwa bahasa Tamil pertama kali muncul sekitar 2500 SM. 

Tidak seperti bahasa lainnya, seperti Sansekerta atau bahasa India kuno lainnya, yang berhenti digunakan sebagai bahasa umum pada 600 M. Bahasa Tamil justru terus berkembang dan jadi salah satu bahasa umum dari 20 bahasa yang digunakan di dunia.

 3. China


Bahasa China menjadi satu-satunya bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mulai dipakai pada tahun 1250 SM di akhir dinasi Shang, bersama dengan bahasa Tamil, bahasa China menjadi salah satu bahasa tertua yang masih bertahan hingga saat ini di dunia.

Ada banyak dialek dan variasi dari bahasa China, seperti Mandarin, Kantonis, dan Hokkien. Dengan jumlah penutur sebanyak 1,2 miliar orang yang menganggap bahasa Mandarin sebagai bahasa ibu, bahasa China bukan hanya menjadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak, tapi juga salah satu dari enam bahasa resmi PBB.


4. Bahasa Farsi


Kamu mungkin tak terlalu akrab dengan bahasa Farsi, tapi sebenarnya bahasa Farsi merupakan bahasa yang digunakan di Iran, Afghanistan dan Tajikistan modern. Selain dikenal sebagai Farsi, bahasa ini juga populer dengan nama bahasa Persia, karena merupakan keturunan langsung dari Persia tua yang dulunya digunakan pada masa Kekaisaran Persia.

Selama berabad-abad, bahasa Persia telah mempengaruhi bahasa lainnya seperti Urdu. Oleh sebab itu, sastra Persia memiliki makna sejarah yang besar dan diteliti secara luas oleh ahli bahasa di dunia.
Bahasa Persia diperkirakan telah ada sejak 600 SM lalu berevolusi menjadi lebih modern pada 800 M.

 5. Bahasa Basque


Bahasa Basque dianggap sebagai salah satu bahasa yang menyimpan misteri. Walau digunakan oleh 900 ribu orang sebagai bahasa ibu di Spanyol dan Prancis, dan bahasa Latin untuk kebutuhan menulis, bahasa Basque nyatanya tidak punya keterkaitan dengan bahasa Latin atau bahasa lain di dunia.

Hingga saat ini, para ilmuwan belum dapat menentukan asal-usulnya, tapi yang mereka tahu, bahasa Basque sudah ada dan digunakan sebelum pasukan Romawi mencapai Spanyol pada abad ke-2. Hal itu pula yang menjadikan peneliti menganggap bahwa Basque mungkin merupakan bahasa tertua di Eropa Barat.

 6. Bahasa Lithuania


Sebagian besar bahasa Eropa berasal dari bahasa Laithuania yang berkembang membentuk puluhan bahasa yang berbeda Jerman, Italia, dan Inggris.

Disebut-sebut sebagai salah satu bahasa tertua, Lithuania mulai terpisah menjadi bahasa yang berbeda sekitar tahun 3500 SM.

Dengan jumlah penutur sebanyak tiga juta orang di seluruh dunia, bahasa Lithuania merupakan salah satu bahasa Indo-Eropa paling konservatif, sama seperti bahasa Sanskerta, Latin, dan Yunani Kuno.

 7. Bahasa Yunani


Dikenal sebagai bahasa para filsuf, tokoh intelektual, dan ilmuwan di masa lalu, bahasa Yunani hingga saat ini digunakan oleh lebih dari 13 juta orang. Catatan peneliti mengungkapkan bahwa Yunani berasal dari sekitar 1500 SM dan saat ini diakui sebagai bahasa resmi PBB dan Uni Eropa.

Bahasa Yunani diperkirakan sudah ada setidaknya sejak 3000 SM, meski bukti artefak paling tua yang ditemukan berasal dari 1450 SM. Walaupun sudah berevolusi menjadi lebih modern mulai abad ke-11 M, bahasa Yunani memegang rekor sebagai bahasa hidup tertua di dunia.

Hingga saat ini penutur asli bahasa Yunani tersebar di berbagai penjuru dunia, sebagian besarnya berada di Yunani, Siprus, Italia, Turki, dan Albania.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment