Cermat Dalam Menikah, Begini Cara Menabung Agar Cepat Terlaksana Pernikahannya

Cermat Dalam Menikah, Begini Cara Menabung Agar Cepat Terlaksana Pernikahannya

INIKECE - Kepikiran untuk menikah tetapi masih bingung dengan pengeluarannya? Untuk menikah pasti sangat membutuh biaya yang cukup besar apalagi menikah itu lebih baik dilakukan satu kali seumur hidup. Pasti banyak sekali orang yang ingin melakukan pernikahannya semewah mungkin dan terkesan.

Agar semua dana bisa terkumpul, pasangan yang ingin menikah tentu harus menabung demi mewujudkan pesta pernikahan yang diinginkan. Berbagai macam cara pun dilakukan demi menggembungkan rekening tabungan.

Tapi, tidak sedikit pula yang gagal karena tidak mampu mengubah gaya hidup, khususnya saat berpacaran. Demi mewujudkan pesta pernikahan impian, coba terapkan tips-tips menabung berikut ini. Dalam 1 tahun, uangmu pasti akan terkumpul.

1. Buatkan Rekening Tabungan Khusus Pernikahan


Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening tabungan khusus untuk pernikahan. Anda dan pasangan bisa mengisi tabungan ini bersama-sama dari alokasi gaji masing-masing.

Agar setiap pasangan menabung dalam porsi yang sama, sebaiknya diskusikan nominal yang ingin ditabung setiap bulannya.

Tujuan utama tabungan ini adalah untuk mengurangi gaya hidup boros, sehingga bisa sama-sama fokus untuk menyiapkan biaya pernikahan dengan baik. Kalupun nominal yang terkumpul nantinya belum sesuai harapan, setidaknya kedua mempelai sudah mempunyai sumber dana lain untuk memenuhi biaya pernikahan.

2. Mengisi Rekening Tabungan Pribadi


Selain tabungan bersama, anda dan pasangan perlu menggembungkan rekening tabungan masing-masing. Uang yang terkumpul bisa digunakan untuk menutupi kekurangan dari tabungan khusus atau untuk mecicil gedung, membayar katering, gaun pernikahan, dan lain sebagainya.

Berhubung karena arus pengeluaran bertambah, anda harus lebih bijak dalam mengalokasikan gaji. Setelah gaji diterima, sebaiknya alokasikan 1/5 dari total gaji untuk ditabung, sehingga uang untuk kebutuhan pernikahan semakin cepat terkumpul.

3. Kurangi Kencang Mewah dan Berlebihan


Kebiasaan holiday atau dinner di restoran mahal saat malam minggu tiba sebaiknya diubah. Sebagai gantinya, anda dan pasangan bisa merencakan berbagai aktivitas yang lebih hemat biaya. Misalnya, barbequedi rumah, movie marathon, makan malam, atau sekedar sharing mengenai masalah yang sering terjadi di kantor.

Meski terlihat membosankan, kegiatan ini justru lebih hemat dan dapat membangun chemistry, sehingga semakin mengenal kepribadian masing-masing. Hal ini tentu sangat berguna sebelum membangun bahtera rumah tangga nanti.


4. Beli Beberapa Produk Investasi


Anda dan pasangan punya penghasilan yang lumayan? Pakailah untuk membeli satu atau dua instrumen investasi, seperti reksadana, emas, atau melakukan pendanaan di fintech p2p lending. Investasi yang tersebut tentunya bisa dijual menjelang tanggal pesta pernikahan, tentunya dengan tingkat keuntungan yang lumayan.

Untuk investasi seperti emas dan reksadana, anda bisa cicil setiap bulan tanpa harus membayar uang muka. Dengan menyisihkan sebesar Rp 500 ribu - Rp 600 ribu per bulan, anda sudah bisa mendapatkan 1 gram emas setiap bulan.

5. Mencicil Segala Keperluan Untuk Menikah


Keperluan untuk menikah sangat banyak. Selain mencari gedung dan katering, anda juga harus memikirkan gaun pengantin, sepatu, aksesori, seserahan pernikahan, hingga cendermata pernikahan bagi para tamu.

Semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi kalau anda dan pasangan ingin pesta pernikahan yang mewah dan tak terlupakan.

Agar tidak memberatkan di hari-H pernikahan, sebaiknya cicil keperluan pernikahan setiap bulan. Misalnya, bulan ini sepatu dan aksesori pernikahan, bulan depan membeli kosmetik, dan seterusnya. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki dan jangan berlebihan.

6. Hemat Dalam Kehidupan Sehari-hari


Yakin masih mau boros? Sudah pasti tidak, apalagi kalau tanggal pernikahan sudah semakin dekat. Usahakan untuk selalu berhemat, terutama untuk biaya hidup sehari-hari, seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, internet, dan perawatan.

Hidup hemat akan membantu anda utuk mengumpulkan lebih banyak uang setiap bulan. Coba bayangkan kalau bisa menghemat pengeluaran sebesar Rp 200ribu - Rp 300 ribu setiap bulan, dalam setahun anda bisa mengumpulkan Rp 2,4 juta - Rp 3,6 juta.

7. Rencanakan Konsep Pernikahan Sesuai Budget


Untuk memprediksi estimasi biaya pernikahan, jangan lupa untuk merencanakan konsep pernikahan yang dimpikan. Apakah konsepnya indoor, outdoor, atau perpaduan keduanya. Setelah itu, anda dan pasangan bisa mencari lokasi yang tepat agar pernikahan berjalan lancar sesuai keinginan.

Mintalah rekomendasi dari keluarga, teman, atau kerabat yang sudah pernah melangsungkan pernikahan dengan konsep yang anda pilih. Untuk menambah referensi, manfaatkan internet atau sosial media yang dimiliki. Intinya, apapun konsep yang sudah direncanakan haruslah susai dengan budget, sehingga anda dan pasangan tidak perlu lagi berhutang yang nantinya akna menyulitkan.

Semakin Cepat Menabung, Semakin Banyak Dana yang Terkumpul

Biaya pernikahan memang tidak murah. Tapi, semakin cepat anda dan pasangan mulai menabung, maka semakin cepat pula uangnya terkumpul. Alhasil, pesta pernikahan yang selama ini diimpikan bisa terwujud. Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan cara di atas dengan konsisten, sehingga hasilnya lebih maksimal.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment