Kehilang Smartphone? Tips Awal Yang Wajib Dilakukan Untuk Mendapatkannya Kembali

Kehilang Smartphone? Tips Awal Yang Wajib Dilakukan Untuk Mendapatkannya Kembali

INIKECE - Kehilangan barang yang di sayang tentunya sangat mengjengkelkan. Apalagi kalau barang yang hilang tersebut menyimpan banyak data penting, seperti halnya handphone. 

Lalu apa saja sih langkah-langkah yang harus kita lakukan jika smartphone kita hilang ataupun dicuri?

Langkah Awal yang Harus Segera Dilakukan Setelah Kehilangan Smarthone

Setelah kamu menyadari jika handphone kamu hilang, tentunya kamu harus segera melakukan suatu hal untuk setidaknya mengamankan data-data penting yang tersimpan di dalam handphone kamu.

Tapi, dalam kondisi seperti itu terkadang kita bingung mengenai hal apa saja yang harus segera kita lakukan. Beberapa tips yang mungkin berguna untuk kamu ketika menghadapi situasi seperti ini.

1. Telepon atau SMS Handphone Kamu


Menelpon ataupun mengirimkan pesan ke handphone yang hilang mungkin menjadi hal tersimpel dan termudah yang bisa kamu lakukan.

Karena dengan begitu, kamu jadi benar-benar mengetahui apakah handphone kamu benar hilang atau kamu lupa menaruhnya. Kalaupun hulang, kamu masih punya sedikit harapan jika seseorang yang menemukan handphone kamu berbaik hati menghubungi orang terdekat kamu melalui kontak di handphone.

2. Lacak Menggunakan Aplikasi 'Find My Phone'


Aplikasi Find My Phone adalah aplikasi besutan Google yang harus diakui sangat memberikan manfaat yang besar untuk penggunanya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak lokasi handphone kamu dengan mudah.

Cara mengoperasikan aplikasi sangat mudah, karena kamu hanya perlu log in dengan akun Google yang sama dengan akin device Android kamu yang hilang,

Untuk melacak handphone kamu yang hilang menggunakan aplikasi ini, kamu bisa log in dari device lain ataupun melalui desktop. Selain itu, kamu juga bisa menghapus data yang ada pada handphone kamu menggunakan aplikasi ini.


3. Lapor ke Pihak Berwajib


Jika kamu masih belum menemukan titik terang mengenai keberadaan handphone kamu yang hilang, lebih baik segera lapor ke pihak berwajib.

Namun sebelum kamu membuat laporan, kamu membutuhkan beberapa informasi seperti nomer IMEI handphone kamu yang hilang, tipe dan merek handphone, nomoe telepon dan nama jaringan seluler yang kamu gunakan, juga kronologis kejadian.

Dengan langkah ini, minimalnya peluang kamu untuk mendapatkan handphone kamu kembali lebih besar, karena ada pihak lain yang membantu kamu untuk mencari handphone kamu yang hilang.

4. Hubungi Customer Service


Datang atau menghubungi customer service provider yang kamu pakai. Kamu dapat meminta mereka untuk memblokir nomor handphone kamu yang hilang agar tidak disalahgunakan.

Dengan begitu, pelaku tidak dapat menyalahgunakan nomor kamu untuk menipu orang yang ada di kontak handphone.

5. Gunakan Aplikasi


Selain langkah-langkah diatas, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi smartphone untuk melacak handphone kamu yang hilang.

Ada banyak sekali aplikasi di Play Store maupun App Atore yang berfungsi untuk melacak handphone yang hilang dan tentunya gratis.

Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah,

 * Phone Tracker by Number

 Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur keamanan cukup komplit dan tentunya bermanfaat. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melacak handphone kamu yang hilang menggunakan nomor handphone yang terhubung. Namun sayangnya, aplikasi ini terkadang bekerja secara lambat.

 * Comodo Anti Theft

Seperti aplikasi pelacak handphone lainnya, Comodo Anti Theft juga memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengatur lokasi, kunci, alarm, penghapus data, maupun, mengambil foto.

Aplikasi ini juga memiliki kelebihan yaitu tidak dapat di uninstall tnapa izin dari pemilik handphone. Dengan begitu, handphone kamu hialgn masih tetap dapat terdeteksi melalui aplikasi tersebut.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment