Membuat Suasa Hati Lebih Baik, Dengan Tidak Marah Dan Emosian Selama Bulan Ramadan!

Membuat Suasa Hati Lebih Baik, Dengan Tidak Marah Dan Emosian Selama Bulan Ramadan!

INIKECE - Menjalankan hari puasa di bulan ramadan ini tak luput dari rasa marah dan emosian yang terjadi. Memiliki banyak cobaan di hari puasa membuat seseorang tak tahan akan kemarahannya dan emosinya tersebut.

Contoh, terdapat teman yang tidak menjalankan puasa dan memakan sesuatu dihadapan orang yang sedang puasa. Sontak orang yang sedang berpuasa merasakan amarah yang sangat tersinggung.
Mengapa hal tersebut bisa terjadi? 

Psikolog Klinis, Ayu Pradani Sugiyanto Putri berpendapat bahwa rasa tersinggung atau marah seperti ini disebabkan perasaan yang tidak di hargai.
"Mereka mungkin beranggapan 'Kok mereka engga menghargai saya yang sedang puasa?'," kata dia.

Adapun tips yang bisa mencegah rasa marah dan emosian di hari puasa ini,

1. Mengetahui Tanda-Tanda Amarah

"Pertama cek dulu, apa yang terjadi di badan. Apakah tegang atau tangan mengepal, dan jika terjadi, jadikan itu sebuah warning," katanya.

2. Pergi ke Tempat Yang Lebih Tenang

"Jika mulai merasa marah, pergilah ke tempat yang dapat membuat diri tenang. Kalo sudah atur napas, tenangkan diri, dan tanyakan kepada diri sendiri apa penyebab anda marah," Ayu menyarankan

3. Cari Sudut Padang Berbeda

Ayu menjelaskan bahwa jika seseorang sudah mengetahui penyebabnya merasa marah atau tersinggung, carilah sudut pandang yang lain.

"Mungkin karena dia lagi sakit atau karena ada kondisi lainnya, yang mengharuskan dia makan," ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa pening bagi sesama orang yang berpuasa maupun tidak, untuk menghargai dan memberikan empati satu sama lain.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment