Rumah Ini Mendapatkan Penghargaan LEED Gold-Certified, Di Aspen

Rumah Ini Mendapatkan Penghargaan LEED Gold-Certified, Di Aspen

INIKECE - Game On House, rumah di lahan Aspen yang ramah lingkungan ini mendapatkan penghargaan LEED Gold-Certified. Lahan di Aspen ini terbagi menjadi dua bagian untuk membuat rumah ramping seperti diatas.

Didesain oleh US Studio, Rowland + Broughton, tempat tinggal yang terletak di Colorado tepatnya di kawasan pegunungan kita bersejarah West End ini ingin memberikan kejelasan dan keanggunan bentuk bangunan Victoria yang tradisional.


Proyek ini dimulai sejak tahun 1890-an dengan membagi lahan properti yang terdiri dari rumah bertingkat. Rumah yang memiliki nilai sejarah dipilih dan diletakkan pada pondasi yang baru sehingga menciptakan tanah kosong untuk area bermain.


Tempat tinggal yang diberi nama Game On ini tentunya harus dapat berdiri sendiri, namun juga desain harus sesuai dengan kawasan sekitarnya karena proyek desain untuk rumah ini perlu mendapatkan persetujuan dari Komisi Pelestarian Bangunan Bersejarah dari pemerintah kota.


Terinspirasi dari perumahan vernakular di lingkungan sekitar, rumah di desain dengan warna putih, papan semen fiber untuk kesan bersih dan tampilan kontemporer, teras depan yang tradisional, dan atap gable yang sama dengan rumah di lingkungan sekitar.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menyajikan rumah yang berada di kawasan warisan arsitektur kota sehingga tidak keluar dari konteks bersejarahnya. Dengan luasan area 399 meter persegi dan bentukan denah persegi panjang.

Area tempat tinggal terdiri dari bangunan rumah utama dan garasi terpisah. Rumah juga memiliki layout terbuka di dalam dan luar sehingga dapat menampung tamu cukup banyak.


Bentuk yang menerapkan keaslian arsitektur di sekitarnya ini diberikan aksen modern. Ruang dalma rumah pun didesain efisen sehingga tidak terdapat ruang yang tidak terpakai. Pada bangunan utama, lantai dasar terdiri dari dapur terbuka, ruang tamu dan ruang makan dengan dinding kaca yang besar yang terhubung dengan teras terbuka.


Sedangkan di lantai atasnya terdapat kamar tamu dan kamar tidur utama dengan balkon. Lalu untuk tempat penyimpanan diletakkan di area basement.


Jika melihat interior keseluruhan bangunannya, arsitek memilih warna dan bahan yang kalem dan terkendali. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan ruang indoor yang berkualitas bebas dari bahan kimia. 

Finishing pada bangunan menggunakan beton, kayu, dan cat yang ramah lingkungan. Perpaduan warna putih pada dinding dan lantai oak lightwood, membuat rumah jadi terasa lebih terang dan sejuk. Luas dan juga nyaman ketika orang berada di dalam rumah. Furniture pada ruangan di desain built-in dengan gaya dekor kontemporer.


Landscape di luar bangunan ditanami oleh pohon yang tahan dengan cuaca kering sehingga dapat mengurangi penggunaan air untuk menyirami tanaman tersebut. Rumah ini tergolong ramah lingkungan dengan beberapa fitur elemen sustainable yang didesain pada pencahayaan, pipa saluran air, mekanikal sistem yang efisien berserta panel surya yang terdapat di atap garasinya.


Halaman belakang pun juga diberikan fitur sustainable yang dapat mengkontrol limpahan air hujan sehingga dapat menyaring air dan digunakan kembali. Pada saat pembangunan rumah pun, desain meminimalisir erosi dan dampak buruk pada lahan. Dikarenakan berbagai hal tersebutlah desain rumah ini berhasil mendapatkan penghargaan LEED Gold-Certified dari US Green Building Council.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment