Apakah Kalian Tahu, Keberadaan Gunung Berapi Terbesar Di Dunia?

Apakah Kalian Tahu, Keberadaan Gunung Berapi Terbesar Di Dunia?

INIKECE - Ilmu pengetahuan selalu berubah-ubah, teman-teman. Ini karena ilmuwan selalu melakukan penelitian. Misalnya, pada tahun 2013, ilmuwan mengungkapkan kalau gunung berapi purba Tamu Massif yang terletak didasar laut Jepang adalah gunung berapi terbesar di dunia.

Ini karena gunung berapi perisai itu terbentang lebih dari 250.000 kilometer persegi. Sebelumnya, gunung berapi Mauna Loa yang membentang sebesar 5.179 kilometer persegi merupakan gunung yang disebut gunung berapi 1 terbesar di dunia.

Namun gelar gunung berapi terbesar itu kemudian dimiliki oleh Gunung Tamu Massif. 

Namun, baru-baru ini ada penelitian yang mengkaji ulang Gunung Tamu Massif. Peneliti mengungkapkan bahwa Gunung Tamu Massif bukanlah gunung berapi terbesar di dunia.

* Peneliti Mengungkap Gunung Tamu Massif Bukan Gunung Berapi

Ahli geofisika kelautan William Sager adalah peneliti yang memimpin penelitian Gunung Tamu Massif. Beliau menjadi salah satu terbesar, sekaligus baru saja mengungkapkan lewat penelitian terbaru bahwa gunung itu bukanlah gunung berapi perisai.

Menurut ahli geologi dasar laut dari NOAA Bill Chadwick, ini baik karena ilmu sains memang bisa berubah, bahkan meski bukti pengetahuan yang ditemukan berbeda dari sebelumnya.

Tim peneliti mengatakan kalau setelah diteliti kemungkinan Gunung Tamu Massif bukanlah sebuah gunung berapi purba namun tumpukan kerak samudra.

* Penelitian Gunung Tamu Massif.

William Sager sudah mempelajari Gunung Tamu Massif selama 25 tahun. Tamu Massif ini berada di dalam Samudra Pasifik di dataran tinggi samudra Shatsky Rise.

Menurut teori peneliti, lantai vulkanik yang tinggi ini adalah hasil dari curahan lava yang besar dan berkepanjangan.

Namun, untuk ukuran sebuah kumpulan kerak samudra, Tamu Massif ini empat kali lebih tebal dibandingkan rata-rata tebal kumpulan kerak samudra lainnya yang ada di dunia.

Untuk menjelaskan penemuan ini, peneliti harus kembali mempelajari Tamu Massif.

* Gunung Berapi Terbesar Di Dunia

Ada perdebatan antara ahli geologi kelautan tentang penemuan baru Tamu Massif ini, 

Menurut ahli dari Smithsonian Instituion's Global Volcanism Program mengatakan kalau lebih mudah bagi peneliti untuk mempelajari gunung berapi di planet lain dibandingkan di bawah laut di Bumi.

Status Gunung Tamu Massif sebagai gunung berapi terbesar pun menjadi hipotesis atau dugaan sementara. Setikdanya sampai ilmuwan kembali menemukan temuan baru tentang lantai vulkanik itu.

Nah, jika Tamu Massif bukanlah berupa gunung berapai perisai, maka gelar gunung berapi terbesar kembali dimiliki oleh Gunung Mauna Loa yang terletak di Hawaii.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment