Menghebohkan, Anak SD Yang Berhasil Dengan Penemuan Telur Dinosaurus 11 Butir

Menghebohkan, Anak SD Yang Berhasil Dengan Penemuan Telur Dinosaurus 11 Butir

INIKECE - Penemuan benda burbakala masih sering terjadi. Namun, ada beberapa penemuan yang tak disang-sangka seperti yang terjadi di Tiongkok. Seorang anak SD tidak sengaja menemukan telur dinosaurus.

Telur yang berusia 65 juta tahun saat bermain di luar rumah. Bukan hanya satu atau dua, anak laki-laki asal Tiongkok ini menemukan 11 telur dinosaurus.

Telur-telur yang diperkirakan berusia 65 juta tahun itu memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 9 cm.

Zhang Yangzhe bercerita ia menemukan telur dinosaurus itu saat bermain bersama ibinya di tepi timur Jembatan Dongjiang, Heyuan pada Selasa (23/7/2019).

Awalnya, ia menyangka bahwa ada kenari yang dibuang di tanah. Setelah dilihat lebih dekat, siswa SD kelas tiga ini mengatakan bentuknya seperti batu semen.

"Saya pikir itu adalah batu semen pada awalnya," kata dia.

"Kemudian saya meminta ibu saya untuk melihatnya dan berpikir bahwa cangkanya seperti telur dinosaurus," paparnya.


Penemuan telur dinosaurus ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi Zhang Yangzhe. Sebab, siswa Sekolah Dasar Baoyuan di Heyuan ini sangat suka tentang dinosaurus.

Ibu bocah itu, Li Xiaofang, mengatakan bahwa putranya suka membawa buku tentang dinosaurus. Sekolahnya juga memberikan pelajaran tentang dinosaurus.

Sebab, Kota Heyuan dikenal sebagai kota asal dinosaurus di Tiongkok. Sudah lebih dari 10 ribu fosil telur dinosaurus yang ditemukan di kota tersebut. Hingga Heyuan masuk dalam Guinness Book of World Records.


"Saya telah mempelajari pengetahuan ini di buku-buku dan di koridor budaya sekolah."

"Saya juga telah melihatnya di museum. Telur setiap jenis dinosaurus memiliki bentuk yang berbeda," terangnya.


Setelah menyadari itu adalah telur dinosaurus, ibu Zhang langsung memanggil polisi. Polisi lantas bergegas ke tempat kejadian bersama dengan staf dari Museum dinosaurus Heyuan.

Para hali telah memastikan batu bulat itu adalah fosil telur dinosaurus.

Huang dong, kurator Museum dinosaurus Heyuan, mengkonfirmasi kepada Beijing News bahwa fosil-fosil itu berasal dari periode Cretaceous akhir.

Sebelas telur dinosaurus yang ditemukan Zhang itu kemudian dibawa ke Museum Dinosaurus Heyuan untuk diteliti lebih lanjut.


Penemuan Fosil Sekumpulan Ikan Berenang Bersama Berusia 50 Juta Tahun di Amerika

Gambar yang kalian lihat diatas bukan lukisan atau gambar bahkan editan foto. Foto ini merupakan penemuan yang sangat langka.

Ini adalah fosil pra-sejarah, Gambar di atas adalah fosil sekumpulan ikan yang sedang berenang bersama. Namun, mereka berenang bersama sekitar 50 juta tahun yang lalu.

Fosil Ikan Berusia 50 Juta Tahun

Para arkeolog menemukan sebuah fosil yang unik. Jika menemukan seekor fosil sudah biasa, kali ini arkeolog menemukan sekumpulan ikan yang sedang berenang bersama.

Dalam bahasa Inggris, istilah kelompok ikan yang berenang bersama disebut dengan scholl of fish. Pada temuan kali ini, arkelog berhasil menemukan sebanyak 259 ekor ikan Erismatopterus levatus.

Ikan Eripmatopterus levatus ini adalah spesies ikan yang sudah punah, Sekelompok ikan yang sedang berenang bersama ini ditemukan di sebuah lempengan batu kapur dari Fromasi Green River di Amerika Utara.

Bagaimana Bisa Sekumpulan Ikan Menjadi Fosil Di Satu Tempat?

Arkeolog masih mempelajari penyebab ikan-ikan tersebut bisa mati dan menjadi fosil dalam keadaan sedang berenang bersama.

Peneliti dari Arizona State Universitu dan Mizuta Memorial Museum di Jepang memperkirakan kalau mungkin saja gundukan pasir di air yang dangkal runtuh dan menimpa ikan-ikan tersebut.

Kemungkinan, ikan ini hidup di wilayah pengunungan Green River pada masa Eocene. Masa Eocene sendiri berlangsung sekitar 56 sampai 34 juta tahun yang lalu.

Oiya, spesies ikan Eripmatipterus levatus dewasa seharusnya berukuran sekitar 6,5 sentimeter. Melihat dari ukurannya, kemungkinan fosil ikan-ikan ini adalah ikan yang masih bayi. Karena rata-rata ukurang mereka hanya 2 sentimeter saja.

Ikan Berenang Dengan Berkelompok Sejak Lama

Penemuan ini adalah penemuan penting, karena setiap penemuan fosil membuat manusia mempelajari kehidupan di Bumi di masa lalu.

Kali ini, arkeolog berhasil menunjukkan kalau ikan sudah memiliki perilaku berenang bersama-sama dalam kelompok sejak jutaan tahun lalu. 

Para ilmuwan bahkan mengukur setiap ikan dan posisinya untuk membuat 1.000 simulasi atau percobaan pergerakan mereka.

Berdasarkan penelitian itu, ditemukan kalau ikan memang benar-benar sudah berenang dalam kelompok setidaknya selama 50 juta tahun.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment