Mesti Ketahui Alasan Dibalik Kesuksesan Seseorang Menjalani Hobi

Mesti Ketahui Alasan Dibalik Kesuksesan Seseorang Menjalani Hobi

INIKECE - Di zaman sekarang ini, banyak sekali orang yang saking sibuknya tidak lagi memiliki hobi. Apa kamu termasuk salah satunya? Padahal, hobi merupakan kegiatan yang sangat penting agar kamu bisa bersenang-senang dan beristirahat sejenak dari rutinitas yang menjemukan.

Kalau banyak dari CEO perusahaan ternama di dunia atau orang-orang sukses yang masih punya waktu untuk hobinya, masa kamu tidak punya?

Hobi adalah kegiatan istimewa yang bisa kamu lakukan di waktu luang dan tentunya dapat membuatmu merasa gembira. Ada banyak sekali macam-macam hobi, seperti membaca buku, menulis, melukis, atau berkebun. Setidaknya kamu harus punya sebuah hobi agar hidupmu berjalan seimbang dan lebih bahagia. 


Punya hobi di luar pekerjaan, ternyata bisa berdampak baik dalam kinerja. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Organitational Psychology, terhadap 400 karyawan sebuah perusahaan menunjukkan bahwa, mereka yang punya hobi di luar pekerjaan memiliki tendensi performa yang lebih baik dalam pekerjaan.
Baik itu dalam kreativitas, sifat dan perilaku dalam bekerja.

* Melepaskan Stress


Pikiran manusia mudah stres kalau terus-terusan memaksakan diri melakukan must to-do list setiap hari. Ingat, tubuh pun punya batas. Bekerja terlalu keras bisa menyebabkan sakit dan perasaan tertekan. 
Ketika kamu merasa sudah pada batas maksimal, lakukanlah apa yang menjadi hobimu, maka otakmu pun akan segar kembali.


* Tubuh Menjadi Bungar

Ternyata, hobi yang bahkan tidak berkaitan langsung dengan kebugaran sekalipun, dapat memberikan dampat positif terhadap fisik kamu. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog terhadap sekitar 1.400 orang, hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan yang menyenangkan akan berdampak positif pada kesehatan. Seperti tekanan darah yang lebih rendah dan masalah persendian.

* Menjadi Pribadi Yang Lebih Menarik

Perlu kamu tahu, bahwa hobi juga bisa menjadi identitas atau personal branding seseorang ketika berhubungan dengan orang lain. Kalau kamu benar-benar menekuni hobimu atau rutin melakukannya, kamu bisa menjadi pribadi yang menarik di mata orang lain. Bonusnya, kamu akan lebih terbiasa mengatur waktu yang kamu punya.

* Outlet Sosial


Berbagai hobi memiliki komunitasnya sendiri-sendiri. Seperti klub glof, grup cosplay, atau kelompok menulis kreatif. 
Hobi yang membuatmu terhubung dengan orang lain bisa jadi pelepas stres dan bahkan sebagai sarana menambah koneksi. Bukankah ini juga hal penting kalau kamu ingin memulai sebuah bisnis?
Reactions:

0 comments:

Post a Comment