Cerdas dan Cermat! Kembalikan Fungsi Otak Dengan Coklat Hitam dan Beberapa Makanan Lainnya

Cerdas dan Cermat! Kembalikan Fungsi Otak Dengan Coklat Hitam dan Beberapa Makanan Lainnya

INIKECE - Anda mungkin pernah mendengar istilah "makanan otak." Tak hanya sekedar istilah, karena memang ada banyak makanan yang membantu otak anda menjadi lebih produktif. Otak anda membutuhkan nutrisi tertentu agar berfungsi dengan baik.

"Makanan kaya omega-3 seperti ikan kecil berlemak (salmon, mackerel, trout, herring, achovies, sarden) dan semua kacang/biji, khususnya biji chia, biji rami, flaxseed, dan kenari, telah dikaitkan dengan manfaat pelindung saraf terhadap penuaan dan cedera jaringan," kata Monica Auslander Moreno, konsultan nutrisi untuk RSP Nutrisi mengatakan kepada laman Bustle.

Anda mungkin merasa lelah dan pusing jika tidak makan atau makan banyak gula. Itu karena, menurut Harvard Mahoney Neuroscience Institute di Harvard Medical School, mengonsumsi terlalu banyak gula terkait dengan defisiensi kognitig.

Meskipun tergoda untuk meraih makanan manis, anda lebih baik memilih makanan yang tinggi asam lemak omega-3, vitamin B dan antioksidan, yang dikenal mendukung fungsi otak.

Berikut Beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan kemampuan Otak.

1. Kopi & Teh


"Kopi terus muncul berkali-kali karena memiliki efek yang menguntungkan baik pada kognisi, selain penambah energi juga memberikan efek perlindungan saraf terhadap penuaan dan penyakit yang berhubungan dengan otak seperti Alzheimer," kata Moreno.

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition memiliki hal yang sama untuk dikatakan tentang kafein. "Temuan ini umumnya mendukung gagasan bahwa diet berkualitas tinggi dan asupan kafein yang lebih tinggi dapat menguntungkan kognitif secara akut dan bahkan mencegah penurunan terkait usia pada domain kognitif tertentu, termasuk kognisi global, memori verbal, dan perhatian."

2. Sayuran Hijau


"Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selai, dan brokoli kaya akan nutrisi sehat otak seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan makanan nabati ini dapat membantu memperlambat penurunan kognitif," menurut laporan Harvard Health.

3. Blueberry


Selain lezat, blueberry juga baik untuk otak. Telegraph UK melaporkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa, "Hanya satu (7ons) smoothie blueberry sudah cukup untuk meningkatkan kekuatan konsentrasi sebanyak 20 persen sepanjang hari." Moreno setuju bahwa blueberry dapat memberi dorongan besar pada otak anda.

"Sementara semua buah memiliki manfaat gizi, buah beri secara khusus dipelajari berulang kali dan terbukti memiliki efek perlindungan saraf," katanya. "Baik itu dari senyawa antioksidannya kadar air, serat, atau sinergi vitamin dan mineral - intinya adalah kami merekomendasikan buah beri. Jadi, konsumsi berry untuk kesehatan otak."


4. Ikan Berlemak


Makan ikan berlemak adalah cara yang bagus untuk menjaga otak anda tetap prima. Ikan mengandung asam lemak omega-3, yang berkontribusi pada fungsi kognitif, menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat.

"Cobalah makan ikan setidaknya dua kali seminggu, tetapi pilih varietas yang rendah merkuri, seperti salmon, cod, tuna kaleng, dan pollack," rekomendasi Harvard Health.

Moreno mengatakan, ikan berlemak kaya omega-3 dapat melawan peradangan otak dan juga peradangan yang terkait dengan berbagai penyakit kronis.

5. Biji Labu


Ternyata biji labu penuh dengan vitamin peningkat kemampuan otak seperti seng, magnesium, tembaha, dan zat besi. Dan menurut penelitian dari Institut Ilmu Pangan dan Pertanian Universitas Florida, biji labu dapat mengurangi risiko mengembangkan kanker tertentu.

Jika biji labu bukan selai anda, Moreno mengatakan bahwa hampir semua kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan otak anda.

6. Coklat Hitam


Coklat tidak hanya dicintai secara universal, penelitian telah menunjukkan bahwa coklat memiliki kekuatan meningkatkan otak yang signifikan. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam The FASEB Journal menemukan bahwa coklat yang mengandung setidaknya 70 persen kakao meningkatkan neuroplastisitas, yang pada dasarnya adalah kemampuan otak anda untuk membentuk koneksi saraf baru.

Moreno mengatakan: "Senyawa antioksidan dan magnesium dalam coklat hitam mungkin memiliki efek perlindungan-saraf. Coklat hitam asli juga memiliki serat dan zat besi. Kita berbicara 85-100 persen kakao. Pahit dan jumlah yang disarankan adalah 1 - 1,5 ons per hari. Ini benar-benar biji kakao dari tanaman."

7. Air


"Ini tidak seksi, tetapi berhasil," kata Moreno. "Dehidarsi pasti dapat memengaruhi kognisi, suasana hati, dan produktivitas, bahkan 1 persen dehidrasi dapat menyebabkan ini! Mulailah kebiasaan minum segelas penuh sebelum setiap kali makan.

Jika anda berusaha sedikit, sangat mungkin untuk makan semua hal ini setiap hari untuk menjaga otak anda berfungsi pada level terbaiknya. Mulailah hari anda dengan kopi atau teh dan smoothie dengan blueberry. Pastikan makan siang anda mengandung sayuran hijau.

Kacang dan biji labu bisa jadi camilan yang enak, anda bisa makan ikan untuk makan malam, dan coklat hitam untuk hidangan penutup. Jika anda tidak bisa memenuhinya secara teratur, anda dapat memilih vitamin atau suplemen otak.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment