Negeri Di Atas Awan Yang Indah Dan Sunrise Mempersona

Negeri Di Atas Awan Yang Indah Dan Sunrise Mempersona

INIKECE - Di kalangan pendaki gunung, Bukit Gancik bukanlah tempat asing. Bukit Gancik merupakan pos satu jalur pendakian menuju Gunung Merbabu bila pendakian ditempuh melalui jalur Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Saat ini Puncak Gancik tak lagi hanya menjadi tempat persinggahan. Bukit Gancik telah menjadi objek wisata baru di Boyolali. Puncak itu dinamakan Gancik Hill Top. Destinasi wisata ini mirip Dieng yang dijuluki Negeri di Atas Awan.

Panorama dari Bukit Gancik tak kalah dari tuannya, Gunung Merbabu. Di sini pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari balik Gunung Lawu dan matahari tenggelam di balik Gunung Merapi. Bukit Gancik yang tepatnya berada di Dusun Selo Nduwur ini menawarkan udara segar dari pegunungan dan hamparan hijau perkebunan sayur milik warga.

Salah seorang tim dari pemandu wisata Merapi Merbabu Jeep Tour, Reza mengatakan, untuk sampai ke Bukit Gancik, wisatawan bisa berangkat dari desa Selo. Kemudian menyewa mobil jeep dan melanjutkan perjanan dengan berjalan kaki hingga puncak. Tapi bagi yang tidak ingin mengeluarkan tenaga, bisa menumpang motor sewaan.


"Bisa berangkat dari desa Selo, artinya sela karena desa ini berada di sela-sela Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Dari desa ini bisa telihat-lihat kabut-kabut dari gunung-gunung yang menggumpai seperti awan. Waktu paling bagus ke bukit biasanya dini hari. 


Targetnya ingin melihat sunrise. Berangkat sebelum subuh, jam 4 sudah harus naik jeep untuk melanjutkan pendakian," tutur Reza saat melakukan perjalanan menuju puncak.

Pendakian menuju Bukit Gancit memang tidak rumit. Sebab, insfrastruktur jalan setapak jalur ini sudah dicor kasar dengan beton. Sepanjang waktu 30 menit pendakian, wisatawan akan merasakan dinginnya udara 8-10 derajat celcius.


Namun, lelahnya perjalanan, dinginnya udara yang menusuk lewat pori-pori kulit, dan lamanya waktu tempuh akan terbayar saat anda sampai dipuncak dengan ketinggian sekitar 1.850 mdpl. Dari arah timur warna jingga matang muncul pertanda fajar segera tiba.

Peristia matahari terbit yang dinanti-nanti ini tak boleh dilewatkan. Segera ambil kamera untuk mengabadikan foto berlatar belakang sunrise.

Anda bisa mengambil foto dari beberapa angle. Sebab di Bukit Gancik telah dibuat bangunan dari bambu untuk dijadikan spot-spot foto. Kalau sedang tidak berkabut, dari bukit ini tampak keindahan Boyolali.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment