Sorotan Media Asing Tentang Banjir Di Indonesia Saat Pergantian Tahun

Sorotan Media Asing Tentang Banjir Di Indonesia Saat Pergantian Tahun

INIKECE - Banjir yang meranda Ibu Kota Jakarta, yang terjadi pada hari pertama tahun baru 2020, yakni Rabu (1/1/2020), yang turut menjadi fokus pemberitaan media-media massa Internasional.

Berbagai media asing memberitakan banjir Jakarta ini, mulai dari Aljazeera sampai The Daily Star.

Rata-rata media asing ini menyoroti korban banjir Jakarta. Misalnya Aljazeera yang membuat judul "Several dead, thousands caught in flooding in Indonesia's Jakarta."

Dalam tulisan tersebut, Aljazeera melaporkan bahwa ada 21 orang tewas pada hari Kamis dan ribuan lainnya harus dievakuasi.


Straits Times, portal berita yang berbasis di Singapura ini juga memberitakan korban meninggal akibat banjir Jakarta. "9 dead after Jakarta hit by flooding," sepreti itu judul yang dibuat oleh Straits Times.

The Guardian memberi judul lebih detail. Media asal Inggris ini menyebut 21 korban meninggal dan 30 ribu orang kehilangan tempat tinggal akibat banjir Jakarta.

Sementara itu, media online asal Lebanon, Daily Star menjelaskan penyebab kematian para korban banjir di Indonesia ini.

Media asing tersebut mengutip pernyataan juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo.

Kematian korban banjir umumnya disebabkan oleh hipotermia, dan seorang remaja yang tersengat kabel listrik.

Deutsche Welle (DW) menyoroti banyaknya korban banjir Jakarta. DW juga melaporkan pemadaman listrik yang dilakukan PLN dan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait banjir.

Untuk diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait masalah banjir yang menyelimuti sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Rapat tersebut membicarakan banyak hal termasuk soal penanganan usai banjir bagi para penduduk. Rapat tersebut digelar di Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo di Kantor BNPB, jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020).
Reactions:

0 comments:

Post a Comment