Dikabarkan Bahwa Virus Corona Dapat Terjangkit Tanpa Gejala Dalam Penularan Antar Manusia

Dikabarkan Bahwa Virus Corona Dapat Terjangkit Tanpa Gejala Dalam Penularan Antar Manusia

INIKECE - Kabar dari tim medis bahwa, orang yang telah positif terkena virus corona bisa saja tidak memiliki gejala seperti kedua Aktor Detri Warmanto dan Idris Elba yang telah dinyatakan mereka positif terkena virus Corona ( SARS-CoV-2 ) dalam pekan lalu.

Kedua aktor tersebut dilaporkan positif Covid-19, dan disebut tidak merasakan gejala apa pun, misalnya batuk kering, pilek, demam, dan kesulitan bernapas. Justru mereka merasa sangat sehat.

Jika seseorang terkena virus corona tanpa gejala, bagaimana orang dapat mendeteksinya? Berikut 4 hal yang perlu diketahui soal virus Corona dan pasien positif tanpa gejala.

1. Dilakukan Sistem Pengujian Contact Tracing

President ACCESS Health International, William Haseltine mengungkapkan, virus corona tidak hanya menyebar melalui orang dengan gejala nampak terinfeksi virus corona, tapi juga bisa dari pasien yang tanpa gejala.

Karena itu melihat kondisi tersebut, dia merekomendasikan untuk melakukan sistem pengujian yang disebut contact tracing atau pelacakan kontak.

Menurutnya, cara ini melibatkan pengujian setiap orang dengan gejala terlebih dahulu. Kemudian, menemukan dan menguji setiap orang yang berhubungan atau kontak dengan orang tersebut selama lebih dari dua minggu. Diketahui, sistem ini telah diberlakukan di Korea Selatan dan Singapura

2. Pasien Positf, Tapi Paru-Paru Tetap Normal

Sementara itu, seorang perempuan asal Wuhan, China dilaporkan melakukan perjalanan dari Wuhan ke Anyang, China untuk mengunjungi beberapa kerabatnya.

Perempuan tersebut kemudian diperiksa dan hasil awal menunjukkan negatif virus Corona, namun setelah tes tindak lanjut justru berubah menjadi positif.

Setelah dipastikan positif terjangkit virus Corona, petugas medis pun kemudian melakukan pengecekan paru-paru menggunakan CT Scan dan menunjukkan paru-parunya tetap normal, tidak mengalami demam dan gejala pernapasan.


3. Bukan Pendorong Utama Penyebaran Virus

Pada awal Maret 2020, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, Alex Azar mengungkapkan, penularan virus Corona oleh orang yang terinfeksi namun tanpa gejala bukanlah pendorong utama penyebaran virus Corona berkode SARS-CoV-2 ini.

Menurutnya, pemerintah dan masyarakat hanya perlu fokus pada pasien yang memiliki gejala.

Selain itu, imbauan tersebut juga digaungkan melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Dalam situs remi CDC disebutkan, beberapa penyebaran mungkin terjadi sebelum orang menunjukkan gejala. Ada laporan tentang hal ini terjadi karena virus corona berjenis baru ini. Namun, hal ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus Corona.

4. Transparan Tentang Cara Penyebaran Virus

Karena sama-sama berperan dalam menyebarkan virus entah dari pasien bergejala atau tanpa gejala, Direktur Pusat Penelitian dan Kebijikan Penyakit Menular di University of Minnesota, AS, Michael Osterholm mendesak agar pemerintah maupun pejabat publik mau lebih transparan tentang cara penyebaran virus ini.

"Ini saatnya bicara langsung. Ini saatnya memberitahu publik apa yang kita ketahui dan sebaliknya," ujar Osterholm.

Sementara itu, penyebaran virus Corona dengan tanpa gejala juga dilaporkan banyak ditemui di Massachusetts.

Juru Bicara Departemen Kesehatan Masyarakat Massachuseets menjelaskan, penyelidikan wabah sedang berlangsung dan informasi baru tentang kasus dan status gejala mereka, dimungkinan akan tersedia dalam waktu dekat.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment