Kisah Panglima Cantik Yang Katanya Dapat Membuat Orang Kaya, Fakta Atau Mitos Nyi Blorong?

Kisah Panglima Cantik Yang Katanya Dapat Membuat Orang Kaya, Fakta Atau Mitos Nyi Blorong?

INIKECE - Diyakini dapat membuat seseorang menjadi kaya raya. Sosok Nyi Blorong dan jauh berbeda dengan Nyi Roro Kidul yang diyakini sama-sama menguasai Laut Pantai Selatan. Meski demikian, banyak yang menyakini kalau derajat Nyi Roro Kidul berada di atas Nyi Blorong.

Ada berbagai persamaan yang dimiliki oleh kedua penguasa tersebut. Beberapa diantaranya adalah sama-sama menyukai warna hijau serta sama-sama memiliki paras yang sangat cantik.

Dewasa ini masih banyak kontroversi terhadap asal-usul dari kedua wanita hebat tersebut, terutama tentang asal usul dari Nyi Blorong. Namun yang pasti, salah satu mitos yang diyakini tentang wanita ini adalah konon dapat membuat seseorang menjadi kaya raya secara tiba-tiba.

Gimana ceritanya bisa begitu? Terus apa lagi sih mitos yang beredar tentang Nyi Blorong ini? Daripada penasaran yuk simak kisah Nyi Blorong ini.

1. Wanita Yang Sangat Cantik


Mitos pertama tentang Nyi Blorong adalah keyakinan masyarakat bahwa Nyi Blorong memiliki paras yang amat cantik. Selain cantik, pesona yang dimilikinya juga luar biasa.

Sehingga jikalau diumpamakan Nyi Blorong adalah manusia yang hidup di tengah-tengah masyarakat, maka sudah pasti dia akan menjadi rebutan.

Menurut legenda, puncak dari kecantikan Nyi Blorong adalah ketika bulan purnama tiba. Sama halnya dengan Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong pun diceritakan senang akan warna hijau.

Oleh sebab itu, tidak heran jika setiap penggambarannya, sosok ini selalu diilustrasikan tengah mengenakan pakaian berwarna hijau.

2. Wujud Asli Yang Menyeramkan


Meski diyakini memiliki paras yang amat cantik, namun beredar pula mitos yang menyebutkan kalau setengah dari tubuh Nyi Blorong adalah ular. Secara keseluruhan, Nyi Blorong ini bisa dikatakan manusia setengah ular. 

Tidak diketahui alasan khusus kenapa masyarkat meyakini mitos ini. Ada yang berpendapat kalau keyakinan tersebut sebenarnya mewakili Nyi Blorong itu sediri, yakni cantik, tapi mematikan.


3. Asal Usul Nyi Blorong


Yang telah disebutkan sebelumnya bahwa masih adanya simpang siur terkait asal-usul dari Nyi Blorong. Banyak yang percaya kalau Nyi Blorong merupakan panglima terkuat di kerajaan lautnya Nyi Roro Kidul dan mendapatkan tugas untuk menjaga serta merekrut pasukan kerajaan.

Namun, ada yang pula yang berpendapat kalau Nyi Blorong adalah sosok Nyi Roro kidul itu sendiri. Selain kedua pendapat di atas, ada pula yang berkeyakinan bahwa Nyi Blorong adalah putri dari seorang raja yang depresi sehingga mengakhiri hidupnya dengan menceburkan diri ke luar selatan.

Ada pula yang berkeyakinan bahwa Nyi Blorong merupakan anak dari Nyi Roro Kidul.

4. Pesugihan Nyi Blorong


Sama halnya dengan makhluk gaib lainnya, keberadaan Nyi Blorong pun dijadikan sebagai alasan orang-orang untuk melakukan kegiatan pesugihan. Konon katanya, Nyi Blorong mampu membuat seseorang yang memohon kepadanya menjadi kaya secara mendadak. Namun, tetap saja hal itu ada risikonya.

Meski katanya syarat untuk mendapatkan kekayaan dari pesugihan Nyi Blorong ini hanya harus menghamba padanya, namun ternyata hal itu sifatnya hanya sementara.

Tetap saja para pelaku pesugihan Nyi Blorong harus menyediakan tumbal agar kekayaan mereka tetap ada. Tumbalnya sendiri gak harus dari anggota keluarga, tapi bisa juga dari orang lain dan bahkan diri sendiri.

Tidak sampai itu, konon katanya orang-orang yang bersekutu dengan Nyi Blorong diyakini tak 'kan pernah bisa lepas dari kekuasaan Sang Nyai. bahkan ketika meninggal, Nyi Blorong dipercaya akan menyeret orang tersebut untuk menjadi salah satu prajurit di Kerajaan Ratu Selatan.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment